Siaran Pers

Marak PHK saat pandemi, nih banyak kerjaan di Sampingan

Marak PHK saat pandemi ini. Kalau pun tidak di-PHK, banyak pekerja diberhentikan sementara dalam masa pandemi Covid-19. Praktis dalam masa krisis ini, perusahaan banyak berhemat untuk biasa operasional dan lainnya. Namun jangan khawatir buat kamu yang kena PHK ya, selalu ada kesempatan dalam kesempitan.

Platform yang memberdayakan pekerja kerah biru (blue collar), Sampingan, membuka kesempatan bagi pekerja untuk mendapatkan penghasilan.

Baca juga: Ajak santri cari Satpol PP peninju Habib Umar Assegaf, Tengku Zul diprotes

Sampingan berkomitmen untuk terus memudahkan pengguna baik mitra yang disebut dengan Kawan Sampingan, maupun rekan bisnis di tengah pandemi Covid-19.

CEO dan Co-Founder Sampingan, Wisnu Nugrahadi, mengatakan di tengah kondisi ini, banyaknya tipe pekerjaan yang tersedia di platform Sampingan, menjadikan Sampingan sebagai salah satu solusi bagi para pencari kerja di masa pandemi ini.

“Pada bulan Maret hingga Mei 2020 terjadi kenaikan jumlah mitra atau Kawan Sampingan yang bergabung, yaitu lebih dari 50.000 orang. Kebutuhan akan penghasilan utama maupun tambahan menjadi alasan mereka bergabung. Dengan banyaknya tipe pekerjaan yang ada di platform kami, mereka dapat memilih sesuai dengan keahlian, kemampuan dan waktu yang dimiliki” katanya dalam keterangan tertulisnya dikutip Jumat 22 Mei 2020.

Buruh pabrik pulang kerja. Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho
Marak PHK saat pandemi Covid-19. Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho

Solusi Sampingan saat marak PHK

Saat ini, Sampingan menawarkan beberapa tipe pekerjaan di antaranya sales, surveyor, kurir, dan staf gudang.

Tidak hanya itu, masyarakat juga dapat bergabung menjadi reseller di platform Sampingan. Cukup dengan mendaftar di aplikasi Sampingan, maka akan langsung mendapatkan akses ke puluhan barang yang dapat dijual kembali. Dengan membeli barang yang ditawarkan, maka otomatis akan terdaftar menjadi reseller Sampingan, tanpa dipungut biaya apapun.

Kelebihan program reseller ini adalah hanya dengan biaya mulai dari Rp50.000, sudah bisa mendapatkan produk dengan harga khusus reseller. Di sini juga terdapat beragam varian produk sehingga tidak perlu menghubungi masing-masing brand untuk memulai berjualan. Semua produk dijamin keasliannya dan terdapat garansi uang kembali jika reseller tidak menerima produk yang dibeli. Saat ini sudah lebih dari 8000 reseller yang bergabung di platform Sampingan.

“Tujuan kami adalah memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk mendapatkan penghasilan, yaitu dengan mengambil pekerjaan yang ada maupun menjalankan usaha
sendiri melalui program jaringan reseller,” kata Wisnu.

Kurir sampai admin

Sementara dari sisi bisnis, Wisnu menjelaskan, saat ini justru terjadi peningkatan permintaan pekerja dari para partner bisnis khususnya untuk tipe pekerjaan di bidang logistik seperti kurir, staf gudang, dan petugas administrasi.

Permintaan ini naik hingga lima kali lipat pada periode bulan Maret hingga Mei 2020. Hal ini dipengaruhi dengan berlakunya physical distancing dan imbauan untuk tinggal di rumah sehingga masyarakat lebih mengandalkan jasa pengiriman ketika memesan barang atau berbelanja. Peningkatan permintaan jumlah pekerja juga terjadi pada tipe pekerjaan yang dikerjakan dari rumah seperti petugas administrasi, customer service dan telesales.

“Tidak hanya memberikan kesempatan kerja kepada masyarakat namun juga menjadi solusi workforce bagi para perusahaan,” tambah Wisnu.

Kampanye #BuatOrangRumah Melalui kampanye #BuatOrangRumah, Sampingan membagikan ribuan masker kepada para Kawan Sampingan serta berkolaborasi dengan Masker Kain untuk Semua dengan membagikan masker kepada masyarakat yang membutuhkan.

Kepada Kawan Sampingan pembagian masker dengan tipe non-medical scuba face mask ini dilakukan secara bertahap kepada mereka yang harus bekerja di luar rumah. Selain pembagian masker, Sampingan juga mengharuskan para Kawan Sampingan untuk bekerja sesuai SOP pencegahan penyebaran Covid-19 yang berlaku. Hal ini dilakukan sebagai upaya agar mereka tetap dapat bekerja dengan aman di kondisi saat ini

Pembagian masker dari Sampingan
Marakk PHK, Sampingan jadi solusi. Foto Dokumen Sampingan

Sampingan juga bekerjasama dengan Masker Kain untuk Semua untuk membantu pihak yang terdampak serta menekan penyebaran Covid-19 dengan membagikan masker.

Mau jadi relawan?

Dalam kerja sama ini Sampingan menyediakan tenaga kerja yang berperan sebagai relawan. Para relawan ini bertanggung jawab untuk melakukan pengemasan maupun juga pendistribusian masker yang akan diberikan kepada masyarakat.

Untuk tahap awal kerjasama, pembagian masker telah dilakukan pada Selasa 28 April 2020 hingga Jumat 1 Mei 2020, di 8 stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) dan stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) di Jakarta.

“Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Masker Kain untuk Semua. Ini merupakan bagian dari komitmen kami melalui kampanye #BuatOrangRumah untuk menekan penyebaran Covid-19 dan membantu mereka yang terkena dampaknya. Ke depannya, kami terus terbuka untuk
berkolaborasi dengan berbagai pihak. Kami juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kawan Sampingan yang menjadi relawan. Saat ini sudah ada ratusan yang mendaftar menjadi relawan di platform Sampingan,” kata Wisnu.

Untuk bergabung menjadi relawan di platform Sampingan bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi Sampingan kemudian mendaftar dan mengikuti proses di aplikasi untuk pendaftaran crew event.

Setelah pendaftaran disetujui, calon relawan kemudian bisa langsung memilih kegiatan relawan yang sedang aktif di daerah yang diminati. Relawan kemudian akan dihubungi oleh pihak Sampingan untuk penjelasan detail aktivitasnya. Sementara untuk pihak yang ingin berkolaborasi bersama Sampingan termasuk dalam hal volunteer, dapat menghubungi melalui email relawan@sampingan.co.id.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close