Hobi

Masuk musim hujan, buruan pasang 5 aplikasi ini di smartphone!

Memasuki musim hujan, sejumlah wilayah di Indonesia beberapa waktu belakangan diguyur hujan deras dan mengakibatkan beberapa tempat terendam banjir. Nah ketika memasuki musim hujan dan banjir seperti sekarang, terdapat beberapa aplikasi yang bisa kamu install.

Aplikasi-aplikasi ini nantinya dapat sangat membantu kamu di tengah musim hujan ini. Misalnya, memantau ruas jalan atau wilayah mana yang tergenang banjir, serta prediksi cuaca dan curah hujan. Nah, apa saja sih aplikasi yang bisa membantu di tengah musim hujan dan banjir seperti saat ini? Berikut ulasannya.

Aplikasi cuaca

Aplikasi Info BMKG. Foto: Google Play

Aplikasi ramalan cuaca sangat penting untuk memberikan informasi seputar cuaca. Dari mulai curah hujan, suhu udara, kecepatan angin, kelembaban hingga prediksi cuaca beberapa hari ke depan.

Tentunya aplikasi ini dapat sangat membantu kamu, terutama bila kamu orangnya memiliki mobilitas luar ruangan yang tinggi.

Untuk pengguna Android, kamu bisa mengunduh aplikasi Info BMKG yang datanya akurat dan dapat dipertanggung jawabkan. Selain untuk memantau cuaca, aplikasi ini juga menyediakan informasi bencana dan peringatan dini.

Aplikasi pemantau banjir

Aplikasi Sistem Peringatan Dini Banjir Pemprov DKI. Foto: Play Store
Aplikasi Sistem Peringatan Dini Banjir Pemprov DKI. Foto: Play Store

Aplikasi pemantau banjir menjadi salah satu aplikasi penting yang juga bisa dipasang di perangkat HP kamu saat musim hujan seperti ini. Salah satunya adalah aplikasi bernama Sistem Peringatan Dini Banjir Pemprov DKI.

Aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Aplikasi ini dapat menampilkan tinggi muka air di sejumlah pintu air kawasan Jabodetabek, curah hujan, pantauan CCTV pintu air, hingga kotak saran dan masukan.

Tentu aplikasi ini sangat berguna, terutama bagi warga Jabodetabek karena jadi bisa bersiap siaga jika sewaktu-waktu muka air tinggi dan ancaman banjir datang.

Aplikasi navigasi’

Ilustrasi Google Maps. Foto: How-To-Geek
Ilustrasi Google Maps. Foto: How-To-Geek

Jika musim hujan seperti saat ini, terkadang ada ruas jalan yang tergenang banjir. Hal ini pastinya akan menjengkelkan jika kamu ada keperluan mendesak tapi malah terjebak karena jalanan yang terendam air.

Nah, untuk menghindari hal tersebut kamu bisa memasang aplikasi navigasi di ponsel kamu, misalnya Waze atau Google Maps.

Biasanya, aplikasi tersebut akan memberi tahu pengguna di mana saja ruas jalan atau wilayah yang sedang terendam banjir, sehingga kamu bisa mencari alternatif jalan lain.

Aplikasi kesehatan

Aplikasi kesehatan. Foto: Google Play

Aplikasi kesehatan juga dibutuhkan untuk menghadapi musim hujan dan banjir seperti saat ini. Sudah tersedia banyak aplikasi kesehatan yang bisa kamu unduh, misalnya saja seperti SehatQ, Alodokter, KlikDokter, Halodoc dan lainnya.

Aplikasi ini dapat kamu manfaatkan untuk berkonsultasi kepada dokter perihal kesehatan di musim hujan seperti saat ini.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengunduh aplikasi panduan P3K yang juga ada di Google Play Store atau App Store. Jadi, jika dalam keadaan darurat kamu bisa bertindak sesuai panduan medis yang telah tercantum di aplikasi tersebut.

Aplikasi media sosial

Media sosial. Foto: Unsplash
Media sosial. Foto: Unsplash

Mungkin aplikasi media sosial sudah hampir semua orang memasangnya di perangkatnya. Aplikasi media sosial memang sangat berguna untuk mendapatkan info-info terkini perihal cuaca dan bencana.

Misalnya saja BMKG yang biasanya membagikan informasi cepat mengenai cuaca dan bencana yang terjadi melalui Twitter atau Instagram resmi mereka.

Itu dia tadi lima aplikasi yang bisa kamu install ketika menghadapi musim hujan dan banjir seperti sekarang. Selain mengunduh aplikasi-aplikasi tersebut, jangan lupa tetap jaga kesehatan ya!

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close