Fit

Mau beli sepeda secara online, perhatikan 4 hal agar aman dari tipu-tipu

Sebelum tergiur dengan harga murah atau promo, perhatikan beberapa hal saat beli sepeda secara online.

Bersepeda kini menjadi olahraga yang sedang tren di tengah pandemi virus corona. Menjadi salah satu pilihan olahraga yang murah dan mudah, membuat masyarakat berbondong-bondong membeli sepeda.

Selain untuk meningkatkan imunitas, bersepeda juga berguna sebagai ajang rekreasi dan sekaligus sarana untuk menghindari pemakaian transportasi umum. Tak ayal, penjualan sepeda pun mengalami peningkatan beberapa waktu belakangan.

Baca juga: Merasa RI terpuruk, Refly Harun, Said Didu hingga Rocky Gerung bikin koalisi

Sayangnya, ada saja beberapa orang yang memanfaatkan tren bersepeda saat ini untuk melakukan tindakan tak bertanggung jawab, seperti pencurian, penipuan, begal, hingga kejahatan online.

Maka dari itu, saat ingin membeli sepeda, terutama secara online, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar terhindar dari jebakan penipuan. Berikut adalah beberapa tips beli sepeda secara online.

Sesuaikan dengan kebutuhan

Sepeda itu ada banyak sekali pilihannya, mulai dari sepeda gunung, sepeda balap, sepeda balap, dan lainnya.

Sebelum membeli sepeda, sesuaikan dengan kebutuhanmu, jika hanya sekadar untuk berolahraga keliling komplek di akhir pekan, jangan sampai kamu membeli sepeda gunung, begitu pula sebaliknya.

Cek harga

Kalau sudah tahu mau beli sepeda yang seperti apa, cek kisaran harga sepeda inceran kamu itu. Hal ini bisa dilakukan dengan bertanya ke teman yang memang sudah lama hobi bersepeda atau dengan survei di beberapa toko.

Jangan buru-buru membeli sepeda di toko online hanya karena harga miringnya ya, karena bisa jadi itu merupakan salah satu modus penipuan.

United Stylo. Foto: Sepeda.me
United Stylo. Foto: Sepeda.me

Dikutip dari Hipwee, agar lebih aman, sebaiknya kamu membeli sepeda di marketplace yang sudah ada, karena pembayaran kamu baru akan diteruskan ke penjual kalau kamu sudah menerima barang.

Hal ini tentu lebih aman dibandingkan dengan jika kamu bertransaksi dengan penjual sepeda yang berjualan sepeda di media sosial.

Selain itu, pilihan metode pembayarannya juga lebih banyak, mulai dari transfer, virtual account, kartu kredit, bahkan bisa lewat minimarket di dekat rumah.

Cek reputasi penjual

Di marketplace, kamu bisa mengecek reputasi penjual sepeda. Salah satu indikator penjual tersebut terpercaya adalah rating toko dan review dari pembeli.

Kalau bintangnya masih sedikit atau bahkan kosong, dan review dari pembeli juga sedikit, harus ekstra hati-hati ya!

Jangan juga ragu untuk bertanya lewat fitur chat di aplikasi marketplace sebelum membeli sepeda. Tanya semua hal yang kamu mau tahu mengenai sepeda yang ingin kamu beli, mulai dari kondisi barang, garansi dan lainnya.

Jangan malu jika dianggap pembeli cerewet. Lagipula lebih baik dicap cerewet daripada terkena penipuan, kan?

Jangan sembarangan klik link

Jika kamu mau bertanya mengenai sepeda yang ingin dibeli, usahakan selalu di fitur chat di aplikasinya.

Jangan percaya begitu saja jika penjual mengajak pindah obrolan ke WhatsApp atau yang lainnya dan menyuruh kamu untuk klik link atau tautan dengan alasan untuk dapat diskon, survei pengguna atau yang lainnya. Itu bisa jadi modus phising.

ilustrasi pesepeda. Foto: Pexels
ilustrasi pesepeda. Foto: Pexels

Phising adalah tindakan kejahatan daring yang dilakukan untuk melakukan pencurian data. Jika kamu klik tautan itu tadi, nanti kamu akan disuruh untuk log in dengan username dan password akun marketplace kamu. Setelah itu, si penipu bisa masuk ke akun marketplace kamu.

Modus lainnya adalah dengan cara minta nomor HP kamu, dan kemudian si penipu meminta kamu untuk kasih tau kode yang masuk ke HP kamu lewat SMS.

Bilangnya untuk kode promosi atau kode verifikasi atau apa pun. Padahal itu adalah kode OTP yang seharusnya hanya boleh diketahui oleh kamu sendiri, orang lain jangan sampai tahu. Jika si penipu tahu kode OTP ini, ia nantinya bisa masuk ke akun marketplace kamu.

Itu dia tadi beberapa tips untuk membeli sepeda secara online yang aman. Terus berhati-hati dalam ya dalam belanja secara online dan bertransaksi elektronik. (CTH)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close