Trending

Mau kerja di luar negeri? Coba lowongan pegawai setempat dari Kemlu

Baru-baru ini Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia mengumumkan pembukaan lowongan pekerjaan sebagai pegawai setempat untuk perwakilan Indonesia di luar negeri.

Dikutip Hops.ID dari akun Instagram resmi Kementerian Ketenagakerjaan, diketahui Kemlu membuka lowongan pegawai setempat. Pada foto yang diunggah 1 Agustus 2020 itu, Kemlu membuka pendaftaran mulai dari tanggal 1-31 Agustus 2020.

Baca juga: Anji dipolisikan, Ernest Prakasa: Saya tidak berharap melihatnya dipenjara

Dalam keterangannya, proses penerimaan pegawai setempat tersebut dilakukan dalam beberapa tahap, yakni seleksi administrasi, ujian tulis substansi dan bahasa asing, ujian wawancaara, ujian psikologi dan wawancara dengan end user atau pewakilan RI.

Berikut adalah persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin melamar menjadi pegawai setempat Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

Persyaratan umum

Adapun persyaratan untuk melamar sebagai pegawai setempat untuk perwakilan Indonesia di luar negeri adalah:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Pada tanggal 1 September 2020 berusia serendah-rendahnya 22 tahun 0 bulan dan 0 hari dan maksimum 45 tahun 0 bulan 0 hari
  3. Setia dan taat kepada Pancasila, Undang-undag Dasar 1945, Negara Kesatuan dan Pemerintah Republik Indonesia
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit TNI atau anggota Kepolisian Negara RI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai setempat dan pegawai swasta
  5. Tidak sedang berkedudukan sebagai calon PNS dan PNS
  6. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis
  7. Memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan persyaratan
  8. Calon pelamar juga harus memiliki keahlian dan keterampilan untuk bidang tugas yang diperlukan
  9. Menguasai bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya secara memadai
  10. Sehat jasmani dan rohani, serta bebas narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya yang dinyatakan dengan surat keterangan dokter
  11. Berkelakukan baik dan tidak pernah terlibat tindak pidana, baik di wilayah Republik Indonesia maupun di negara lain yang dinyatakan dengan surat dari pejabat berwenang
  12. Lulus seleksi

Persyaratan administrasi untuk pelamar adalah memilki ijazah minimal lulusan D-3 dengan jurusan atau bidang:

  1. Hubungan Internasional
  2. Politik
  3. Administrasi
  4. Kajian Wilayah
  5. Komunikasi
  6. Sastra
  7. Hukum
  8. Ekonomi
  9. Studi Pembangunan
  10. Manajemen
  11. Akuntansi
  12. Bisnis
  13. Keuangan
  14. Pariwisata
  15. Kesenian
  16. Teknik Informatika
  17. Sistem Informasi
  18. Komputer
  19. Teknik Elekto
  20. Sekretaris

Surat lamaran ditujukan kepada Kepala Biro SDM Kemlu. Pelamar harus mengirimkan CV dan dokumen pendukung seperti pas foto terbaru, ijazah, surat keterangan sehat, surat kelakuan baik dan dokumen pendukung lainnya ke email rekrutmencps.sdm@kemlu.go.id.

Jika ada informasi atau pertanyaan yang ingin diajukan lebih lanjut dapat menghubungi p3k.sdm@kemlu.go.id.

Peserta yang memenuhi persyaratan dan lolos seluruh tahapan seleksi ini nantinya akan ditugaskan pada beberapa fungsi yang ada di perwakilan Indonesia di luar negeri, diantaranya adalah fungsi politik, fungsi ekonomi, fungsi protokol dan konsuler, fungsi penerangan, sosial dan budaya, serta fungsi administrasi. (re2)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close