Hot

Megahnya istana Rp100 miliar Sandiaga Uno

Hops.id – Istana Sandiaga Uno cukup menarik perhatian. Dia belakangan mulai dikenal masyarakat. Sosoknya mencuat usai mendampingi Anies Baswedan menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Bukan cuma itu, Sandi turut maju dalam kontestasi akbar Pilpres 2019. Dia maju mendampingi Prabowo Subianto sebagai Calon Wakil Presiden RI.

Di luar kancah politik yang ditekuninya, nama Sandi besar sebagai seorang pengusaha kelas kakap. Lini bisnisnya sangat banyak, yang menjadikan dia sebagai salah satu konglomerat kenamaan di Tanah Air.

Dengan kekayaan berlimpah, menjadi hal mudah baginya untuk mewujudkan berbagai keinginan termasuk memiliki rumah megah bak istana.

Beberapa waktu lalu, kediaman mewah Sandi Uno terungkap. Rumah yang terletak di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan itu ditaksir memiliki nilai Rp100 miliar. Semua diungkap selebriti Atta Halilintar dalam saluran Youtube-nya.

“Luasnya berapa Paps Sandi,” tanya Atta.

“Di sini total 1.300 meter. Termasuk sampai ke pendopo sana,” jawab Sandi.

Saat masuk ke rumah Sandiaga Uno, kesan mewah nan asri memang sudah terasa. Hal ini terlihat dari bangunan kokoh dengan desain yang memanjakan mata.

Rumah Sandiaga Uno. Foto: Tangkapan layar Youtube Atta Halilintar

Ruangan pertama yang diperlihatkan Sandi adalah Rotuna, yakni ruangan untuk
menyambut tamu. Di ruangan tersebut, nampak mewah dengan berbagai ornamen pendukung. Termasuk yang paling berkesan adanya lukisan besar Masjid Nabawi.

Sandi sengaja memajang lukisan itu di depan, agar diharap membawa kesejukan di dalam rumahnya. Ruangan kedua, yakni ruang tamu. Kata dia, ruangan tersebut menjadi tempat favorit para politisi sewaktu dia berkampanye baik di Pilgub DKI, dan Pilpres 2019.

“Waktu ikut ngebangun ini Paps ikut ngedesain enggak?” “Enggak. Enggak sama sekali, semua Mpok Nur (istrinya –Nur Asia), semua Mbak nur yang urus. saya cuma datang bawa koper, terus tinggal di sini.”

Kata Sandi, rumah yang ditempatinya kini dahulu merupakan tempat tinggal sang nenek dari istrinya. Tanah itu kemudian dibeli dan kemudian dibangun sejak belasan tahun lalu.

“Ini rumah istri sih. Saya numpang saja,” canda Sandi kepada Atta.

“Ah bisa aja Paps nih.”

“Jadi kita pindah ke sini sekitar 15 tahun yang lalu. Ini dulunya tanah neneknya Istri, Mpok Nur, lalu tanahnya dibeli oleh Mpok Nur, dijadikan tempat tinggal sekarang,” kata Sandi.

Di sela percakapan, Atta sempat menyinggung berapa kekayaan Sandi saat ini. Dengan tegas Sandi menjawab kalau semua hartanya bisa terlihat dengan jelas dalam Laporan Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dengan angka Rp5 triliun.

“Dulunya jauh lebih banyak dari itu Ta, tapi setelah terjun ke politik menyusut,” kata Sandi.

Senang makan di lantai

Saat ditanya seberapa sering Sandi undang teman ke rumah, pria jebolan Universitas George Washington ini mengatakan dirinya bukan tipikal orang yang terlalu hobi ajak atau undang orang untuk datang ke rumah.

Kata dia, yang diajak ke rumah biasanya hanya teman-teman yang dekat saja.
“Kalau yang sering ajak teman itu istri, makanya ada ruangan yang sering dipakai buat pengajian, Maulid Nabi. Nanti semua kursi di ruang keluarga kita geser-geserin,” katanya,

Sandi lalu mengajak Atta ke beberapa ruangan megah lain di rumahnya, mulai dari ruang keluarga, ruang makan, ruang sarapan, pantry, sampai tempat nge-gym.

“Nah kalau Paps Sandi kalau makan di mana? Di sini?” tunjuk Atta ke meja panjang di ruang makan.

“Bukan, kalau ini cuma buat pencitraan. Ini cuma kalau dipakai untuk menerima tamu-tamu negara, seperti Duta Besar, menteri-menteri,” kata dia.

“Kalau saya sih senangnya makan di bawah. Pakai tangan, makan sama-sama, duduk lesehan. Tapi itu di atas (lantai 2).”

Koleksi mobil

Ada salah satu perhatian Atta pada Sandi saat berkunjung ke rumahnya. Atta mengaku kaget dengan koleksi mobil yang dimiliki Sandiaga.

Kata Atta, mobil-mobil yang dimiliki Sandi tidak mencerminkan siapa Sandi sebenarnya, yang notabene merupakan pengusaha sukses.

“Paps Sandi ini ternyata punya koleksi mobil yang down to earth (merendah) ya. Padahal pasti orang ngira Paps Sandi mampulah beli mobil yang bagus-bagus. Sementara kalau saya lihat di sana cuma ada Alphard, Nissan X-Trail, dan Nissan Livina. Kenapa Paps?”

Rumah Sandiaga Uno. Foto: Tangkapan layar Youtube Atta Halilintar

“Saya melihat mobil sebatas sarana transportasi saja, yang bisa dipakai dari point A ke point B. Intinya yang penting nyaman,” kata Sandi.

Lantas, kenapa ada dua mobil Nissan yang dipilih Sandi untuk dijadikan mobil kesayangan, pria kelahiran 28 Juni 1969 itu mengatakan kalau dahulu sewaktu dia masih aktif di bisnis, Sandi memiliki perusahaan yang bergerak di bidang otomotif.

“Kita adalah salah satu diler utama dari Nissan. Jadi perusahaan MPM, kita dirikan, terus mendapat kepercayaan dari Nissan Jepang untuk mendistribusikan mobil-mobilnya di Indonesia. Jadi masa enggak kita pakai mobil yang kita dagangkan,” katanya lagi.

Saat ditanya mobil yang acap dipakai, Sandi menunjuk Nissan Livina. Multi Purpose Vehicle tujuh penumpang itu dianggap memiliki nilai sejarah tinggi baginya.

“Dulu waktu kampanye saya pakai mobil ini, masuk gang-gang kecil. Jadi ini mobil bersejarah banget. Dan ini merupakan salah satu brand yang paling laku pada waktu itu, Livina, dan kebetulan anak-anak paling senang pakai, dulu waktu masih tinggal di Indonesia.”

Laporan: Wren Jonah

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close