Trending

Megawati berikan bintang ke anak SBY, AHY komentar begini

Hubungan yang kurang baik antara Megawati dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hingga kini masih bisa dinilai terus terjadi, kedua pemimpin partai politik terbesar di Indonesia itu, sepertinya akan terus berlanjut. Namun sebelum itu, Megawati ternyata pernah memberikan bintang penghargaan kepada anak SBY yang memunculkan komentar dari AHY.  

Penghargaan bintang Adhi Makayasa yang diterima Agus Harimurti Yudhoyono saat masih berada di TNI, diberikan langsung oleh Wakil Presiden RI Megawati Soekarnoputri. Momentum tersebut hingga kini masih kuat diingat AHY.

Bahkan AHY melontarkan komentar melalui akun twitter pribadinya, dimana saat dirinya diberikan penghargaan bintang Adhi Makayasa AHY merupakan salah satu taruna terbaik yang berhasil mengikuti pendidikan militer dengan nilai memuaskan.

Megawati Soekarnoputri
Megawati Soekarnoputri saat menerima doctor HC di Tokyo. Foto Instagram @puanmaharani

“Teringat saat dilantik oleh Presiden ke-4 RI Alm. KH. Abdurahman Wahid & disematkan bintang Adhi Makayasa oleh Wapres Ibu Megawati Soekarnoputri, thn 2000. Sdh 20 thn, tapi msh segar dlm ingatan. Terima kasih TNI telah menempa & mendidik saya. Semangat pengabdian abadi selamanya,” tulis AHY.

Baca juga: Fenomena ustaz ramai-ramai poligami, begini sentilan Cak Nun

Peristiwa pemberian penghargaan tersebut menjadi salah satu kebanggaan yang masih diingat AHY, dimana penyematan bintang di dapatkannya pada tahun 2000. Artinya sudah 20 tahun penghargaan tersebut hingga kini masih menjadi kebanggaan AHY atas pencapaiannya saat belajar di akademi militer.

Susilo Bambang Yudhoyono
Susilo Bambang Yudhoyono dalam sebuah acara PWI. Foto Twitter @SBYudhoyono

Bintang Adhi Makayasa

Bintang Adhi Makayasa merupakan penghargaan tahunan yang diberikan kepada lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan Kepolisian, yaitu Matra Darat (dari Akademi Militer Magelang), Matra Laut (dari Akademi Angkatan Laut Surabaya), Matra Udara (dari Akademi Angkatan Udara Yogyakarta), dan Matra Kepolisian (dari Akademi Kepolisian Semarang).

Untuk bisa menerima penghargaan ini diambil dari lulusan terbaik di angkatannya dengan kriteria memenuhi tiga aspek penilaian yakni akademis, jasmani, dan kepribadian (mental). Penganugerahan Adhi Makayasa secara langsung diberikan oleh Presiden Republik Indonesia (atau perwakilan atas nama Presiden).

Pemberian anugerah Adhi Makayasa dilaksanakan pada acara Prasetya Perwira (Praspa) dan Sumpah Perwira, yaitu upacara pelantikan para taruna Akabri (Angkatan Darat, Laut dan Udara). Khusus untuk para calon perwira Kepolisian, sejak dipisahkannya Kepolisian RI dari struktur TNI pada tahun 2000, maka mereka hanya mengikuti pelantikan Prasetya Perwira dan penganugerahan Adhi Makayasa, sedangkan acara Sumpah Perwira Polisi dilakukan dalam upacara terpisah.

Sejak tahun 1984 hingga tahun 2003, pelantikan perwira remaja lulusan Akademi TNI dan Akpol dan penganugerahan Adhi Makayasa selalu dilaksanakan di Istana Merdeka. Namun, mulai tahun 2004, pelantikan akan dilakukan secara bergantian di Akmil, AAL, dan AAU.

Megawati saat memberikan bintang penghargaan kepada AHY

Sejarah tempat pelantikan Praspa TNI dan Pelantikan Polri sejak 1970 hingga 2003 yakni Parkir Timur Senayan Jakarta dua kali (1970 dan 1971), AAU Yogyakarta enam kali (1972, 1975, 1976, 1977, 1980 dan 1983), AAL Surabaya tiga kali (1973, 1978 dan 1982), Akmil Magelang dua kali (1974 dan 1981), Markas Besar TNI Jakarta dua kali (1998), Istana Negara 15 kali (1984 hingga 1997, 1999) dan empat kali pada 2000 hingga 2003.

Mulai tahun 2017 dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, penganugerahan Adhi Makayasa kembali dilaksanakan di Istana Negara.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close