Trending

Bukan main! Tugas Megawati di BRIN, beri arahan nuklir sampai luar angkasa

Megawati Soekarnoputri telah dilantik sebaga Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasonal (BRIN) pada 13 Oktober lalu. Status Megawati jadi ketua dewan pengarah itu dikritik dan dicibir, apa pantas gitu. Kan Megawati nggak ada pengalaman akademik sarjana.

Nah jangan salah lho, dicibir tapi tugas Megawati di BRIN ini nggak main-main, ngawasi dan mengarahkan di antaranya soal nuklir sampai luar angkasa lho. Kok bisa?

Muslima Fest

Kenapa Megawati jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN

Ketentuan fungsi dan tugas Dewan Pengarah BRIN telah diatur dala payung hukum Peraturan Presiden Nomor 78 tahun 2021 tentang BRIN.

Megawati Soekarnoputri alias Mega. Foto: Ist.
Megawati Soekarnoputri alias Mega. Foto: Ist.

Nah kalian yang heran kok Megawati bisa-bisanya dilantik jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN, ternyata nggak asal lho. Malahan penunjukan Megawati sebagai ketua dewan pengarah itu malah taat aturan.

Jadi dalam pasal 7 ayat 2 Perpres tersebut, diatur Ketua Dewan Pengarah BRIN ditentukan dari unsur Dewan Pengarah badan pembinaan ideologi Pancasila.

Nah kan Megawati sebelumnya menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila kan.

Pasal 7 ayat 2 tertulis demikian, ‘Ketua sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a secara ex-officio berasal dari unsur Dewan Pengarah badan yang menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang pembinaan ideologi Pancasila’

Nah sudah jelas kan alasan kenapa Megawati yang ditunjuk dan dilantik Presiden Jokowi jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN ya.

Megawati arahkan Nuklir sampai luar angkasa

Selanjutnya tugas Megawati sebagai ketua dewan pengarah ini nggak main-main. Sebagai unsur dewan pengarah, putri Bung Karno itu dibebani tugas untuk memberi arahan seputar teknologi dan inovasi, salah satunya arahan soal nuklir sampai luar angkasa.

Zona radiasi ledakan nuklir di Chernobyl, Ukraina. Foto: Romain Chollet di Unsplash
Zona radiasi ledakan nuklir di Chernobyl, Ukraina. Foto: Romain Chollet di Unsplash

Tugas dewan pengarah di BRIN ini diatur dalam Pasal 6 Perpres tersebut.

“Dewan Pengarah mempunyat tugas memberikan arahan kepada Kepala dalam merumuskan kebrjakan dan penyelenggaraan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan, serta invensi dan inovasi, penyelenggaraan ketenaganukliran, dan penyelenggaraan keantariksaan menjadi landasan dalam perencanaan pembangunan nasional di segala bidang kehrdupan yang berpedoman pada nilai Pancasila,” demikian ketentuan pasal 7 ayat 2.

Secara spesifik, tugas Megawati sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN ini diatur dalam pasal 7 ayat 3.

“Ketua Dewan Pengarah sebagaimana dimaksud pada ayat (2) memiliki kewenangan untuk memberrkan
arahan, masukan, evaluasi, persetujuan atau rekomendasi kebijakan dan dalam keadaan tertentu
dapat membentuk Satuan Tugas Khusus untuk mengefektifkan pelaksanaan tugas dan fungsi yang dilaksanakan oleh Pelaksana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 huruf b,” demikian tugas Ketua Dewan Pengarah BRIN.

Nah gitu Sobat Hopers, masih penasaran kenapa Megawati yang dipilih jadi ketua dewan pengarah?

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close