Entertainment

Mengenal orang terpelit di dunia, bayar biaya rumah sakit anaknya saja ogah

Jean Paul Getty menjadi pria terkaya di dunia pada tahun 1966. Namun, hal itu tidak lantas membuat sosoknya dikenal sebagai seorang dermawan. Pasalnya, Jean Paul Getty beberapa kali terang-terangan menunjukkan sifatnya sebagai orang terpelit di dunia.

Seperti apa? Ini dia kisahnya. Dilansir dari Forbes, salah seorang cucu dari Getty, J. Paul III, diculik oleh kawanan mafia Italia pada 1973. Mereka meminta uang tebusan sebesar US$17 juta. Namun, Jean Paul Getty menolak permintaan tersebut. Alih-alih khawatir dan ketakutan, Getty malah berujar, “Aku punya 14 cucu lainnya. Jika aku membayar satu sen sekarang, maka 14 cucuku yang lain juga akan diculik.”

Baca Juga: Waspada! Amoeba jenis ini bisa gerogoti otak manusia, bersumber dari air

Jean Paul Getty Foto: Britannica
Jean Paul Getty Foto: Britannica

Lantaran hal ini, para penculik pun memotong telinga J.Paul III. Mereka mengirimkan potongan telinga tersebut beserta gumpalan rambut J. Paul III sebagai peringatan bahwa aksi mereka tidaklah main-main.

Akhirnya, uang tebusan sebesar US$3,4 juta pun dibayarkan si orang terpelit di dunia itu. Jumlah itu tentunya jauh lebih rendah dibanding tuntutan para mafia.

J. Paul III, satu sisi telinganya dipotong oleh penculik lantaran Jean Paul Getty menolak membayar uang tebusan
J. Paul III, satu sisi telinganya dipotong oleh penculik lantaran Jean Paul Getty menolak membayar uang tebusan Foto: Criminal Encyclopedia

Tak hanya itu, kisah pelit Jean Paul Getty juga telah membuat anaknya sendiri meninggal dunia.

Istri kelima Getty, Teddy Gaston, bercerita bahwa orang terkaya dan terpelit di dunia tersebut masih sempat memprotes biaya rumah sakit tempat anaknya, Timmy, dirawat. Padahal, saat itu Timmy tengah menderita tumor otak dan mengalami kebutaan.

Timmy pun akhirnya meninggal dan Getty tidak menghadiri upacara pemakaman tersebut. Ia hanya mengirim pesan permohonan maaf yang menyatakan bahwa dirinya tengah sibuk.

Kisah percintaan Jean Paul Getty dengan Teddy juga mampu membuat mengelus dada. Saat itu, Teddy tengah mengikuti les opera di New York. Getty pun menawarkan diri untuk membiayai les tersebut dengan satu syarat: Teddy harus membayarkan 10 persen dari penghasilannya menyanyi kepada Getty di masa yang akan datang.

Saat melamar Teddy, orang terpelit di dunia itu juga pernah memberikan perhiasan berlian yang dibungkus dengan sapu tangan. Namun, aksi romantis itu terpaksa kacau ketika Getty berujar, “Maukan kau berjanji untuk mengembalikan berlian ini kepadaku jika sewaktu-waktu kita bercerai?”  

Setelah kematian Timmy, Teddy dan Getty pun resmi bercerai. Namun, berlian itu tidak pernah dikembalikannya ke tangan si kikir, Jean Paul Getty. (re2)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
X
Close