Trending

Mengenang Gus Sholah, kiai yang dihormati

Hops.id – Indonesia kehilangan tokoh Islam sekaligus politikus, KH Salahuddin Wahid. Gus Sholah, sapaan beliau, wafat pada Minggu 2 Februari 2020 akibat sakit yang dideritanya. Mengenang Gus Sholah, berikut sederet fakta menarik.

Ketua PBNU yang dekat dengan Muhammadiyah

Gus Sholah terpilih menjadi ketua PBNU periode 1999-2004. Sejak muda, dia memang sudah aktif di Nahdlatul Ulama. Almarhum dikenal sebagai pribadi yang santun dan dekat dengan banyak pihak.

Kiai yang lahir pada 11 September 1942 itu punya hubungan yangdekat dengan Muhammadiyah. Beberapa kali, beliau mengisi dan hadir di acara Muhammadiyah.

“Gus Solah adalah salah satu ulama dan tokoh NU yang sangat dekat dengan berbagai kalangan, khususnya dengan Muhammadiyah,” kata Mu’ti, Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dilansir dari Antara.

Gus Sholah. Photo: Instagram @ putri.istiqomah.1422

Adik Gus Dur

Gus Sholah merupakan bapak pengasuh dari Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Selain menjadi ulama, ia juga aktif sebagai negarawan, seperti sang kakak.

Tahun 1993 beliau menjadi pimpinan redaksi majalah Konsultan. Setelahnya, dia juga aktif menulis di sejumlah media seperti Republika, Kompas, Suara Karya, dll.

Sama-sama menyoroti masalah umat dan bangsa, Gus Sholah dan Gus Dur seringkali memiliki pemikiran dan pandangan berbeda. Bahkan mereka pernah berpolemik tentang hubungan agama dan negara di harian Media Indonesia.

Baca juga: 5 Misteri keluarga kerajaan Inggris, ayah Pangeran Harry sampai Jack the Ripper

Beri gelar untuk Hotman Paris

Sosok Gus Sholah dekat dengan banyak orang, salah satunya pengacara kondang, Hotman Paris. Bahkan pengacara nyentrik itu mendapat gelar dari almarhum.

“Tahun lalu saya datang ke Tebuireng, Sholah memberikan gelar kepada saya, Gus. Jadi nama saya menjadi Gus Hotman Paris,” Hotman mengenang Gus Sholah dalam postingan di Instagram.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close