Hobi

Mengenang Nokia 6600, HP gemuk canggih idaman ABG di zamannya

Perusahaan teknologi asal Finlandia, Nokia pernah mendominasi pasar ponsel melalui produk-produk berbasis Symbian. Kala itu, dari sejumlah model yang dijual di Indonesia, Nokia 6600 menjadi salah satu nama yang paling banyak diburu konsumen lokal.

Nokia 6600 memiliki tampilan unik dengan ukuran bongsor dan tepian casing yang dirancang membulat. Menariknya, pabrikan telah membekalinya dengan joystick atau tuas kecil di tengah untuk memilih opsi yang tertera di layar. Padahal, di zaman itu, teknologi tersebut masih terbilang asing.

Muslima Fest

Disitat dari GSM Arena, Selasa 19 Oktober 2021, Nokia 6600 pertama kali diluncurkan pada 2003 dengan harga Rp5 jutaan. Kala itu, ponsel tersebut masuk dalam jajaran produk termahal Nokia dan bersanding dengan keluarga N-series. Itulah mengapa, siapapun yang punya di zamannya, bisa dipastikan dia masuk kalangan ‘sultan’.

Nokia 6600.

Ponsel yang kerap mendapat julukan HP Gemuk tersebut memiliki jantung mekanis yang terbilang kecil dan seadanya. Karuan saja, RAM-nya hanya sebesar 0,5 GB dengan kapasitas penyimpanan maksimum sebatas 32 MB. Meski demikian, pembekalan tersebut sudah cukup untuk menjalankan aplikasi yang tersedia.

Salah satu hal yang saat itu menjadi andalan Nokia dalam memasarkan 6600 ialah kualitas kamera. Padahal, ponsel yang sudah hampir berusia 18 tahun itu hanya dibekali lensa VGA tanpa flash atau pencahayaan tambahan. Sehingga, saat mengambil gambar di malam hari, obyek yang ingin dibidik tak terlihat sama sekali.

Desain kamera Nokia 6600 juga sangat unik, yakni membulat dengan ukuran lensa yang terbilang besar. Bukan hanya itu, pabrikan juga menanamkan lensa di bagian tengah, yang pada zamannya belum banyak dianut merek lain.

Nokia 6600 Gugur Tersapu Zaman

Meski diluncurkan 2003, namun Nokia 6600 sudah bisa digunakan untuk mengakses internet. Ponsel tersebut menggunakan sistem jaringan GPRS yang paling canggih di masanya.

Bukan hanya browser bawaan, perangkat tersebut juga telah dipasangkan browser Opera yang hingga saat ini masih digunakan pada perangkat Android dan iOS.

Meski telah dinyatakan gugur, akan tetapi kenangan tentang ponsel ikonik tersebut sulit dilupakan. Bahkan, masih banyak lapak bekas yang menjual unitnya dalam kondisi layak pakai. Berdasarkan penelusuran kami, harga termurah Nokia 6600 berada di kisaran Rp300-500 ribuan. Tertarik meminangnya kembali?

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close