Trending

Menko Luhut positif covid-19 dan jalani pengobatan di Belgia? Begini faktanya

Sebuah informasi viral beredar di media sosial menyebutkan bahwa Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sedang berada di Belgia, untuk menjalani perawatan akibat terdampak COVID-19.

Ifo tersebut diunggah oleh Twitter @AmriYusuf7 pada 17 November 2020. Dalam unggahannya disebutkan bahwa Menko Luhut saat ini menjalani pengobatan di Belgia.

Baca juga: Temui bos Bank Dunia Luhut ‘curhat’ soal Omnibus Law hingga covid-19

Hoax Menko Luhut
Hoax Menko Luhut foto: ANTARAnews

“Konon beritanya opung luhut kena COVIT 19, tapi berobatnya kok ke Belgia, napa nggak ke China”, tulis akun tersebut.

Kepergian mantan Menko Polhukam ke Belgia, turut dicuitkan akun @ruliemaulana dan @zakki_af.

Berdasarkan pantauan HOPS, informasi tersebut ramai beredar di Twitter pada 16-17 November 2020. Tanda pagar #Belgia pun menjadi topik populer pada waktu itu di Twitter.

Namun, benarkah ia berobat ke Belgia karena positif COVID-19?

Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan
Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan. Foto Instagram @luhut.pandjaitan

Dilansir laman ANTARAnews, kabar yang menyatakan Menko berobat ke Belgia karena positif COVID-19 merupakan informasi salah (hoaks) yang menyesatkan.

Mengacu laman resmi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, pada 17 November 2020, Menteri Luhut tengah bertemu Presiden Amerika Serikat Donald Trump di White House, Washington DC.

Dalam pertemuan itu, ia menjadi utusan khusus Presiden Joko Widodo bersama Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Muhammad Lutfi.

Dari sejumlah pemberitaan di media diketahui ia turut mengisi webinar “Telaah UU Cipta Kerja” yang digelar Universitas Gajah Mada, pada 17 November 2020.

Baca juga: Puji-pujian Airlangga ke Luhut soal UU Ciptaker: World Bank saja sampai…

Mantan Kepala Staf Kepresidenan pada periode pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla tersebut sebelumnya juga pernah diterpa hoaks pada 11 November 2020.

Saat itu, ia disebut terinfeksi COVID-19 dan dilarikan ke RS Militer karena kondisinya parah. Namun, Juru Bicara Kemenko Maritim dan Investasi Jodi Mahardi menyatakan bahwa informasi itu adalah kabar bohong, demikian diberitakan laman resmi covid-19.go.id.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close