Hobi

Cara merawat motor saat lockdown di rumah

Kebijakan pemerintah melakukan langkah lockdown untuk membatasi penyebaran virus Corona, membuat banyak masyarakat tak berani keluar rumah. Sayangnya kondisi ini perlu diperhatikan bagi pemilik kendaraan yang perlu merawat motor yang sering nganggur di parkiran rumah. Lantas bagaimana cara merawat motor saat lockdown di rumah.

Merawat motor sendiri menurut Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), tak hanya dilakukan di bengkel resmi. Dalam kondisi seperti lockdown saat ini, beberapa lagkah perawatan penting dilakukan pemilik kendaraan agar kondisi sepeda motor tetap prima, mengingat minimnya penggunaan karena jarang keluar rumah.

Baca juga: Sudah di diler-diler, ternyata segini cicilan bulanan motor trail Yamaha WR155

Ilustrasi perawatan sepeda motor Foto: AHM

”Termasuk saat lama tak terpakai di rumah, beberapa hal perlu diperhatikan pemilik. Karena kadang terdapat komponen atau bagian sepeda motor yang butuh diperhatikan saat diam dalam jangka waktu cukup lama, yang dikhawatirkan mempengaruhi kinerja,” ucap Endro dalam keterangan resmi yang diterima Hops, Selasa 31 Maret 2020 .

Mengingat penggunaan motor minim saat lockdown, Endro menganjurkan merawat-nya dengan mencuci bersih sepeda motor agar terhindar dari karat yang berasal dari kotoran. Langkah lain juga penting diperhatikan yakni memberikan pelumasan dan membersihkan perangkat motor yang sering terjadi gesekan, seperti rantai, kaliper rem yang perlu dibersihkan dari kotoran serta perangkat lainnya.

Khusus untuk merawat sepeda motor saat lockdown, kata dia, langkah pemanasan mesin menjadi sarat penting kondisi motor tetap prima. “Lakukan pemanasan mesin secukupnya, kira-kira sampai suhu kerja mesin antara 80-100 derajat celcius, dilakukan setiap hari akan lebih baik. Untuk mencapai suhu tersebut, panaskan kira-kira 3-4 menit,” ujar Hendro.

Memanaskan mesin motor yang harus rutin dilakukan, bertujuan untuk memberikan pelumasan maksimal di komponen internal mesin. Di mana sirkulasi oli pada mesin tetap lacar. “Tujuan pemanasan mesin supaya sirkulasi oli mesin tetap lancar dan untuk pengisian baterai,” pungkasnya.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close