Trending

Merinding, ini kumpulan video ledakan Beirut yang gemparkan dunia

Dunia dikejutkan dengan munculnya video ledakan besar yang terjadi di ibu kota Lebanon, Beirut, pada Selasa 4 Agustus 2020. Akibat ledakan tersebut, 73 orang dilaporkan tewas, dan 2.750 orang terluka.

Diperkirakan, korban bakal terus bertambah seiring luasnya dampak ledakan yang terjadi. Bagaimana tidak, dari video-video yang beredar, ledakan yang berasal dari sebuah gudang penyimpanan petasan di Beirut itu mengirimkan gelombang kejut luar biasa.

Baca juga: Hadi Pranoto ngaku kirim 5.000 obat covid-19 ke Ratu Elizabeth II, netizen ngakak

Bahkan seperti disitat CNN, Rabu 5 Agustus 2020, mirip awan jamur dan merusak banyak sekali bangunan dari pelabuhan. Termasuk bangunan milik mantan Perdana Menteri Saad Hariri dan biro CNN di pusat kota Beirut.

Semakin membuat merinding kala melihat video banyak korban jalan terhuyung-huyung di sekitar ibu kota menyelamatkan diri, usai ledakan keras di Beirut itu. Saking kerasnya ledakan, bahkan terdengar hingga Siprus.

Selain itu, saking besarnya ledakan pula, rumah sejauh 10 kilometer pun ikut kena dampak kerusakan. Seperti yang diungkapkan seorang saksi mata, yang memiliki rumah sejauh 10 kilometer. Kata dia, jendela-jendela rumahnya hancur.

Detik-detik ledakan Beirut, Lebanon. Foto: Screenshoot.
Detik-detik ledakan Beirut, Lebanon. Foto: Screenshoot.

“Apa yang saya rasakan adalah gempa bumi,” kata Rania Masri kepada CNN. “Apartemen itu bergetar secara horizontal dan tiba-tiba rasanya seperti ledakan dan jendela dan pintu terbuka. Kacanya pecah. Begitu banyak rumah yang rusak atau hancur,” kata dia.

Gudang amonium nitrat

Sementara dikutip dari dari USA Today, beberapa stasiun TV lokal melaporkan ledakan di pelabuhan Beirut terjadi pada area gudang kembang api disimpan.

“Jika itu kembang api, seperti yang dikatakan beberapa sumber berita – itu adalah kembang api besar,” kata koresponden CNN Beirut Ben Wedeman.

Dilaporkan Menteri Kesehatan Hamad Hassan, besarnya dampak ledakan terjadi karena adanya ribuan ton amonium nitrat di gudang kembang api itu.

Amonium nitrat yang acap digunakan pada pupuk dan bahan peledak ini tentu memiliki efek bahaya. Dan bisa menyebabkan ledakan tersebut sangat eksplosif.

Presiden Lebanon Michel Aoun kemudian mengumumkan keadaan darurat selama dua minggu dan berkabung selama tiga hari. Aoun berjanji akan menemukan orang yang bertanggung jawab atas ledakan tersebut.

“Karena tidak dapat diterima bahwa pengiriman ‘amonium nitrat’ diperkirakan 2.750 ton selama 6 tahun di sebuah gudang tanpa mengambil tindakan pencegahan, yang membahayakan keselamatan warga negara,” ujar dia.

Sementara disitat AFP, video ledakan di Beirut itu ramai dibahas publik di seluruh dunia. Bagaimana tidak, dampak ledakan sangat begitu besar. Sampai-sampai setidaknya 2.750 orang terluka dalam ledakan besar yang mengguncang ibu kota itu.

Selain itu, ledakan yang terjadi pada Selasa petang tersebut juga menimbulkan kerusakan besar pada Istana Baabda. Kediaman resmi presiden Lebanon itu menurut media pemerintah Lebanon turut terdampak besarnya ledakan.

”Pintu dan jendela di beberapa sayap istana terlepas. Tidak ada yang terluka,” lapor CNN.

Selain itu, ledakan yang mengguncang Beirut pada Selasa sore terasa di pulau tetangga Siprus. Padahal jaraknya sekira 240 kilometer jauhnya dari Lebanon.

Peta Lebanon. Foto: Youtube.
Peta Lebanon. Foto: Youtube.

“Kami menerima sejumlah laporan dari Siprus yang tampaknya terkait dengan ledakan ini, melaporkan kebisingan dan jendela berderak,” tulis EMSC melalui Twitter.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close