Trending

Merokok dapat membatalkan puasa? Begini penjelasan selengkapnya

Dilansir dari laman Nahdlatul Ulama, benda yang masuk ke dalam lubang tubuh dapat membatalkan puasa. Pada umumnya, kita mengaitkan benda tersebut sebagai makanan atau minuman yang bersifat padat dan cair. Lalu, bagaimana dengan sesuatu yang bersifat gas atau asap? Lantas, apakah merokok dapat membatalkan puasa?

Merokok dalam bahasa Arab disebut syurbud dukhan atau ‘minum/mengisap asap’. Berpegang kepada definisi tersebut, banyak dari ulama yang berpendapat bahwa merokok membatalkan puasa.

Salah satu ulama yang berpegang kepada mazhab Syafii, Syekh Sulaiman al-‘Ujaili menyebutkan dalam kitabnya Hasyiyatul Jamal:

وَمِنْ الْعَيْنِ الدُّخَانُ لَكِنْ عَلَى تَفْصِيلٍ فَإِنْ كَانَ الَّذِي يَشْرَبُ الْآنَ مِنْ الدَّوَاةِ الْمَعْرُوفَةِ أَفْطَرَ وَإِنْ كَانَ غَيْرَهُ كَدُخَانِ الطَّبِيخِ لَمْ يُفْطِرْ هَذَا هُوَ الْمُعْتَمَدُ

Artinya: “Dan termasuk dari ‘ain (hal yang membatalkan puasa) adalah asap, tetapi mesti dipilah. Jika asap/uap itu adalah yang terkenal diisap sekarang ini (maksudnya tembakau) maka puasanya batal. Tapi jika asap/uap lain, seperti asap/uap masakan, maka tidak membatalkan puasa. Ini adalah pendapat yang mu’tamad (dirujuk ulama karena kuat argumentasinya).”

Asap rokok. Foto: Pixabay
Asap rokok. Foto: Pixabay

Kitab Tuhfatul Muhtaj yang ditulis Imam Ibnu Hajar al-Haitami menyebutkan bahwa rokok dianggap membatalkan puasa karena memiliki ‘sensasi’ tertentu yang dapat dirasakan dari kandungan tembakaunya.

Berikut keterangan dalam Syekh Nawawi al-Banteni dalam kitab Nihayatuz Zain:

يفْطر صَائِم بوصول عين من تِلْكَ إِلَى مُطلق الْجوف من منفذ مَفْتُوح مَعَ الْعمد وَالِاخْتِيَار وَالْعلم بِالتَّحْرِيمِ …وَمِنْهَا الدُّخان الْمَعْرُوف

Artinya: Sampainya ‘ain ke tenggorokan dari lubang yang terbuka secara sengaja dan mengetahui keharamannya itu membatalkan puasa…seperti mengisap asap (yang dikenal sebagai rokok). (Lihat Syekh Muhammad Nawawi al-Bantani, Nihayatuz Zain fi Irsyadul Mubtadiin, Beirut: Darul Fikr, juz 1, halaman 187)

Al Quran
Al Quran. Photo: Pixabay

Lebih lanjut, seorang ulama Nusantara bernama Syekh Ihsan Jampes menyebutkan bahwa batalnya puasa tidak berlaku kepada perokok pasif. Saat ini, kita juga mengenal alat vape, atau shisha, yang kerap digunakan sebagai alternatif rokok.

Dilansir dari laman NU, merujuk beberapa argumentasi di atas, maka vape dan semcamnya juga dapat membatalkan puasa. Penggunaan alat pengganti/menyerupai rokok tersebut menggunakan cairan/gel yang diuapkan kemudian dihirup.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close