Hot

Meski bisnis rugi, 4 artis mati-matian tak PHK karyawan

Pandemi COVID-19 membuat dunia usaha morat-marit. Sulit buat banyak pengusaha mempertahankan usahanya. Buntutnya, mereka terpaksa PHK karyawan. Tapi meski zaman lagi sulit, keempat artis ini enggak ingin memecat karyawannya.

Darius Sinathrya

Darius punya usaha kuliner yang terkena imbas pandemi corona. “Tempatku ada di M bloc Space, Blok M, tempat nongkrong orang-orang. Setelah ada imbauan pemerintah untuk di rumah aja, jadinya kan sepi banget lokasi itu dan berpengaruh pada penghasilan,” kata Darius, dikutip dari Suara.com.

Muslima Fest

Walau usahanya sepi, suami Donna Agnesia ini enggak ingin memecat karyawannya. Dia merasa kasihan, apalagi menjelang Idul Fitri. Meski beberapa ada yang dirumahkan dan beberapa tetap bekerja.

Donna Agnesia dan Darius
Donna Agnesia dan Darius . Foto: Instagram @dagnesia

Di tengah kesulitan ini, sang aktor tetap memikirkan orang lain. Dia memproduksi 100-150 boks makanan setiap hari untuk dibagikan ke pekerja medis dan karyawannya. Sejauh ini, dia sudah memproduksi seribu boks.

Ternyata dari situ, banyak kerabatnya yang ikut memesan makanan di tempatnya. “Ya misalnya ada perusahaan yang pesan, untuk donasi dan mereka. Hasilnya Puji Tuhan, bisa untuk membantu dan juga pendapatan tambahan untuk gaji karyawan.”

Gisella Anastasia

Bisnis Gisel sementara tutup tapi dia enggan PHK karyawan. “Karena mereka kan butuh untuk hidup juga kan. Jadi cari juga solusinya, biar nggak membengkak juga buat ke mereka. Ya, berusaha lah yang terbaik, jangan sampai ada yang dirumahkan banget gitu,” kata Gisel dikutip dari matamata.com.

View this post on Instagram

My source of joy❤️ #bukabukagaleri

A post shared by Gisella Anastasia (@gisel_la) on

Dia sebisa mungkin mengalihkan cara bisnisnya dengan mengirim produk ke rumah pelanggan. “Sekarang sih lagi coba cari gimana caranya menjual produk yang bisa dikirim-kirim aja, buat makanan atau frozen atau apa gitu. Cuma lumayan juga sih buat kita yang di rumah untuk masak dan segala macam. Mungkin itu bisa jadi salah satu jalan keluar.”

Gisel mengaku tidak menghitung kerugian, karena dia ingin fokus pada hal yang positif. “Encourage sendiri sama orang-orang terdekat, semuanya untuk semangat terus, jadi biar nggak berasa. Soalnya kalau fokus sama kerugian doang, yang penting masih bisa hidup, masih bisa bertahan. Karyawan masih bisa hidup, masih bisa bertahan, nggak ada yang kekurangan, kita udah cukup. Kalau bisa saling berbagi,” katanya.

Baca juga: Bisnis artis hancur gegara corona, dari Jedar sampai Ussy

Prilly Latuconsina

Prilly tetap pekerjakan karyawannya dengan sistem rolling. Sebab dia sadar, para karyawannya memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi. Jadi dia enggan merumahkan karyawan.

Prilly Latuconsina
Prilly Latuconsina. Photo: Instagram @prillylatuconsina96

Supaya tetap bisa bekerja dengan aman, Prilly mengeluarkan bujet khusus untuk perlindungan diri karyawannya. Dia tidak masalah, pengeluaran jadi bertambah asal mereka terjaga kesehatannya. “Jadi kita keluarin budget operasional buat alat pelindung kesehatan mereka. Kayak mereka semua kita kasih penutup kepala, tangan, masker, hand sanitizer satu-satu dan sabun antiseptik juga satu-satu untuk mereka mandi dan nyuci seragamnya.”

Cara itu menurut Prilly adalah yang terbaik. Karyawan tetap bekerja dan tidak dirumahkan. Dia pun masih bisa memberi gaji untuk mereka.

Raffi Ahmad

Pandemi COVID-19 membuat usaha Raffi merugi Rp5 miliar. Uang sebanyak itu tertahan di bisnisnya Rand Carnival yang mandek.

Raffi Ahmad
Raffi Ahmad. Photo: Instagram @raffinagita1717

“Yang krusial itu Rans Carnival gue sudah bikin mainan dan lain-lain dicutin. Itu lumayan bikin gue menohok. Itu gede Rp 5 milliar itu bikin gue mulai freeze,” kata Raffi di channel YouTube Dunia Manji.

Suami Nagita Slavina itu semaksimal mungkin enggak ingin PHK karyawan. Jadi dia menarik puluhan karyawannya ke Rans Entertaiment. Meski begitu ada karyawan yang terpaksa dirumahkan karena keadaan. “Gue coba tahan mereka. Tapi ada juga kayak contoh misalnya, ‘Gue ke kantor aja nggak bisa nih bos, karena orang tua gue gini’ ya sudah gue itu dengan sangat berat hati gue rumahkan.”

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close