Trending

Militer Indonesia ranking 16 terkuat dunia, kalahkan Korut dan Israel

Usaha pemerintah dalam memperkuat pertahanan RI enggak sia-sia. Global firepower 2019 mencantumkan kekuatan militer Indonesia pada peringkat ke-16 dunia dari 137 negara.

Survei tersebut menganalisa lebih dari 50 faktor untuk menentukan PowerIndex (PwrIndx) suatu negara. Mulai dari militer, finansial, kemampuan logistik hingga letak geografis. Meski begitu, negara maju atau miskin, negara berteknologi maju atau yang sedang mengalami perang saudara, semua diperhitungkan. Survei itu tidak memperhitungkan senjata nuklir.

Semakin mendekati 0, maka makin sempurna kekuatan militer suatu negara. Top three negara dengan militer terkuat, peringkat pertama, ada Amerika Serikat dengan PwrIndx 0,0615. Disusul Rusia dengan PwrIndx 0,0639 lalu China dengan PwrIndx 0,0673 di peringkat ketiga.

Indonesia tercatat memiliki PwrIndx 0.2544. Dengan begitu, Indonesia berada di peringkat 16 dunia. Militer Indonesia melampaui Korea Utara dan Israel. Dalam skala Asia, RI menduduki peringkat ketujuh. Sementara di tingkat Asia Tenggara, Indonesia berada di posisi pertama.

Ilustrasi TNI AD. Foto: Instagram TNI AD.
Ilustrasi TNI AD. Foto: Instagram TNI AD.

Kekuatan militer Indonesia

Seberapa hebat, sih kekuatan militer RI? Dirangkum dari berbagai sumber, ada 800 ribu personel militer, di mana 400 ribu merupakan personel aktif sementara personel cadangan ada 400 ribu.

Baca juga: Dentuman di Jateng makin misterius, BMKG tak tahu penyebabnya

Tentara Nasional Indonesia (TNI) dibagi menjadi TNI Angkatan Laut, Angkatan Darat, dan Angkatan Udara. Mereka memiliki tugas menjaga keamanan negara, menyediakan tim penyelamat untuk keadaan darurat seperti bencana alam, menjaga perdamaian di daerah konflik, hingga mengajar di daerah pedalaman.

Angkatan Darat memiliki 315 tank tempur, 1.300 kendaraan tempur, 141 artileri otomatis, 356 artileri manual serta 36 peluncur rudal.

Angkatan Udara dipersenjatai 41 pesawat tempur, 65 pesawat serang, 62 pesawat transport, 104 pelatih, 192 helikopter dan 8 helikopter serang.

Jet tempur milik TNI AU
Jet tempur milik TNI AU. Foto: Instagram @militer.udara

Laut Indonesia dijaga oleh 8 fregat, 24 korvet, 5 kapal selam, 139 kapal patroli, 11 penyapu ranjau milik Angkatan Laut.

Selain itu, Indonesia juga memiliki badan kemiliteran khusus yang disebut Komando Pasukan Khusus (Koppassus). Mereka diberi tugas khusus untuk melakukan tugas-tugas berisiko tinggi dan ekstrem. Pasukan khusus ini, berdasarkan The Top Tens dideskripsikan sebagai 1 banding 5 tentara biasa.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close