Hot

Miss World Malaysia minta maaf soal klaim batik: Aku sadar batik berasal dari Jawa…

Miss World Malaysia 2021, Lavanya Sivaji, ramai menuai protes keras, khususnya dari warganet asal Indonesia. Pasalnya, Lavanya bicara soal batik dan maknanya bagi orang Malaysia. Menanggapi hal ini, banyak warganet yang menegur Lavanya dan memperingatkan bahwa batik berasal dari Indonesia.

“Kain batik melambangkan keragaman di antara orang Malaysia, dengan berbagai warna, cetakan & desainnya. Oleh karena itu, saya mempersembahkan kepada Anda gaun malam saya untuk Miss World Malaysia 2021 yang terbuat dari kain batik Malaysia,” tulis Lavanya Sivaji.

Ramainya protes di Instagram akhirnya membuat Lavanya buka suara. Lewat unggahan terbarunya, Lavanya meminta maaf kepada masyarakat Indonesia. Ia mengaku sadar bahwa batik berasal dari Jawa. Namun, Lavanya menyebut ada pula negara-negara lain yang juga punya tradisi serupa batik.

Lavanya Sivaji, Miss World Malaysia 2021. Foto: Instagram
Lavanya Sivaji, Miss World Malaysia 2021. Foto: Instagram

“Halo semuanya! Kepada para pecinta kontes kecantikan yang aku sayangi di Indonesia. Aku harap kalian semua dalam kondisi sehat. Pertama-tama, aku ingin meminta maaf jika aku menyinggung kalian dalam unggahan ini. Aku sadar bahwa Batik berasal dari Jawa, begitupun dengan desain dan sejarahnya. Namun, ada pula negara lain yang juga mempraktikkan elemen kultur serupa, seperti Malaysia, Sri Lanka, India dengan desain dan motif mereka masing-masing,” tulisnya dilansir Hops pada Jumat (22/10/21).

Di akhir kalimatnya, Lavanya mengaku bangga menggunakan batik terlepas dari negara mana motif tersebut berasal. Ia juga berterima kasih kepada warganet yang sudah menegurnya terkait hal ini.

“Entah Malaysia, Indonesia, ataupun negara lainnya, aku akan selalu merasa bangga menggunakan batik. Aku ingin berterima kasih kepada kalian yang telah mengingatkanku untuk menghormati akar budaya dan tradisi. Setiap aku mengenakan batik, aku bisa merasakan kekuatan sebagai seorang wanita sejati. Kami adalah kekuatan hebat. Kami adalah penyembuh. Kami adalah para ibu.”

Profil Lavanya Sivaji

Lavanya Sivaji, Miss World Malaysia 2021. Foto: Instagram
Lavanya Sivaji, Miss World Malaysia 2021. Foto: Instagram

Dilansir dari Detik, Lavanya Sivaji merupakan dara berusia 25 tahun yang juga berprofesi sebagai dokter. Ia bekerja di sebuah rumah sakit Malaysia, Hospital Angkatan Tentara Tuanku Mizan Zainal Abidin. Tak hanya cantik, Lavanya juga membuktikan kapasitasnya dengan menjadi pendiri proyek advokasi dan sosial bernama 4Them.

Ia menyoroti berbagai isu, seperti masalah gizi dan kesehatan masyarakat Malaysia. Setelah berhasil mengalahkan peserta lainnya di Miss World Malaysia 2021, Lavanya Sivaji akan mewakili Malaysia di ajang Miss World 2021 yang akan digelar pada Desember 2021 di Puerto Rico.

Selain karir yang cemerlang, Lavanya juga aktif dalam kegiatan sosial. Ia pernah memberikan edukasi tentang bahaya narkoba dan alkohol kepada anak-anak kurang beruntung dari Kapar. Selian itu, Lavanya juga pernah menjadi volunteer tenaga medis untuk kampanye kesehatan KARAMA.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close