Hobi

Misteri Al Naslaa, batu besar di Arab Saudi yang terbelah sempurna: Bikin ilmuwan kebingungan

Oasis Tayma di Arab Saudi adalah sebuah wilayah di mana terdapat misteri batuan geologi yang berusia 4.000 tahun. Formasi batuan itu menyisakan misteri lantaran memiliki bentuk aneh yakni terbelah sempurna di bagian tenganya, bak dipotong dengan sinar laser. Formasi batuan tersebut dikenal dengan nama Al Naslaa, salah satu batu dari banyak batuan yang ada di Oasis Tayma.

Selain tengahnya yang terbelah sempurna, formasi batuan Al Naslaa juga memiliki alas yang aneh nan misterius. Pasalnya, bagian bawah batuan tersebut berukuran lebih kecil dibanding beban yang ditopangnya.

Bagian tengah yang terbelah sempurna menyisakan misteri di berbagai kalangan. Sejumlah orang berspekulasi bahwa terbelahnya bagian tengah batu Al Naslaa dengan sempurna, yang seolah dipotong dengan sinar laser itu, menunjukkan bahwa peradaban kuno lebih maju daripada yang kita bayangkan.

Formasi batuan Al Naslaa di Arab Saudi. Foto: Oddity Central
Foto: Oddity Central

Sementara sebagian lain beranggapan simpel dengan menyebut bahwa itu adalah kuasa Tuhan. Yang pasti, terbelahnya bagian tengah Al Naslaa sukses membuat banyak orang di berbagai belahan Bumi berdecak kagum, heran sekaligus bertanya-tanya.

Melansir laman Oddity Central, Jumat 17 September 2021, saking misteriusnya formasi batuan tersebut, bahkan membuat bingung kalangan sejarawan dan ahli geologi, karena tidak ada yang bisa benar-benar menjelaskan mengapa hal seperti itu bisa terjadi.

“Bentuk halus dari dua batu besar dan alas kecil dapat dikaitkan dengan elemen alam, tetapi potongan vertikal yang sempurna terlihat seperti buatan manusia,” kata para ilmuwan bertanya-tanya.

Formasi batuan Al Naslaa. Foto: TechEBlog
Foto: TechEBlog

Kebanyakan ahli geologi percaya bahwa perpecahan batu tersebut memiliki penyebab alami, yakni gerakan tektonik. Ilmuwan berteori, Bumi hanya bergeser sedikit, tetapi itu cukup untuk menyebabkan batu tersebut retak menjadi dua.

Namun, ada ilmuwan lain yang percaya bahwa perpecahan itu benar-benar garis patahan, karena material di sekitar patahan biasanya cenderung lebih lemah dan lebih mudah terkikis. Namun sebagian lain ada yang percaya bahwa Al Naslaa terbentuk dari tanggul gunung berapi dari beberapa mineral yang lebih lemah yang mengeras di sana sebelum semuanya digali.

Seperti disebutkan di atas, ada juga orang yang percaya bahwa Al Naslaa adalah karya peradaban kuno yang maju atau alien. Hingga saat ini, belum ada yang secar pasti bisa menjelaskan mengapa hal tersebut bisa terjadi pada sebuah batu besar. Mungkin, dunia tidak ingin semua misterinya terjawab oleh manusia?

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close