Hobi

Mitsubishi Outlander PHEV jadi mobil berfaedah di Gunung Merapi

Mitsubishi Outlander PHEV menjadi satu-satunya mobil berfaedah di area terdampak erupsi Gunung Merapi untuk mensuplai kebutuhan listrik. Secara fungsi mobil listrik ini membantu pasokan tenaga listrik yang dibutuhkan petugas Palang Merah Indonesia yang sedang bertugas di kawasan terdampak erupsi.

Sering terganggunya pasokan listrik di wilayah terdampak erupsi Gunung Merapi, menjadi permasalahan utama bagi petugas PMI dalam menjalankan tugasnya memberikan pelayanan baik kesehatan maupun keselamatan bagi masyarakat setempat. Peran Mitsubishi Outlander PHEV inilah yang menjadi berfaedah bagi petugas di lokasi tersebut.

Baca juga: Mitsubishi Outlander PHEV tunjang kegiatan pencegahan COVID-19

Alasan itulah yang membuat PMI meminta produsen otomotif berlogo tiga berlian, untuk menerjunkan mobil listriknya yang dikenal memiliki kemampuan mensuplai kebutuhan listrik pada beberapa perangkat penerangan maupun perangkat elektronik lainnya.

Mitsubishi Outlander PHEV
Mitsubishi Outlander PHEV jadi mobil berfaedah Foto: MMKSI

Tugas memasok listrik tersebut, menjadi salah satu kelebihan Mitsubishi Outlander berteknologi Plug in hybrid electric vehicle, dimana mobil ini memiliki kemampuan discharging untuk menyalurkan tenaga listrik cadangannya yang berdaya hingga 1500 watt saat dibutuhkan dalam kondisi darurat.

Baca juga: Bakal rakit mobil listrik lokal, Indonesia setop impor kendaraan CBU

Terlebih, genetika Outlander PHEV merupakan kendaraan SUV yang dirancang mampu melibas beberapa kondisi medan sulit salah satunya kawasan kaki gunung yang cukup terjal. Dengan sistem penggerak empat roda, sangat mudah bagi mobil ini melewati jalur seperti area erupsi gunung merapi.

Terjunnnya Mitsubishi Outlander PHEV di kawasan Gunung Merapi, menurut Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI, Mitsubishi sangat mengapresiasi langkah PMI yang mempercayai model PHEV untuk mendukung kegiatan di area terdampak dan memberikan kesempatan model tersebut untuk berkontribusi dan membuktikan kemampuan yang dimilikinya di area yang ekstrem.

Mitsubishi Outlander PHEV
Petugas PMI dan Outlander PHEV saat di pos kaki gunung Merapi Foto: MMKSI

“Kami harap Outlander PHEV dapat selalu memberikan bantuan untuk setiap aktivitas kemanusiaan yang dilakukan oleh PMI dan seluruh anggota PMI yang bertugas, dan masyarakat yang terdampak selalu dalam kondisi yang aman dan sehat,” katanya.

Saat ini, unit Outlander PHEV disiagakan di pos pengungsian Merapi, Desa Lencoh, Kabupaten Boyolali. Selama berada di Boyolali, petugas telah beberapa kali memanfaatkan sumber listrik dari Outlander PHEV untuk menyalakan lampu dan beberapa peralatan listrik di posko tersebut lantaran kondisi di lapangan seringkali mengalami pemadaman listrik.

Mitsubishi Outlander PHEV masih akan berada di Boyolali hingga awal Desember, atau bisa lebih lama jika kondisi darurat terjadi. Mobil ini digunakan sebagai salah satu unit tanggap darurat di beberapa posko evakuasi karena mobilitasnya, dan juga karena kemampuan discharging atau menyalurkan daya listrik.

Mitsubishi Outlander PHEV
Mitsubishi Outlander PHEV Foto: MMKSI

“Jika di lokasi (pengungsian atau posko) pasokan listrik mengalami gangguan atau terputus akibat terdampak bencana erupsi Gunung Merapi, mobil eletrik yang kami kerahkan ini akan membatu memasok listrik,” ungkap Sekretaris Jenderal (Sekjen) PMI, Sudirman Said.

Mitsubishi sendiri telah berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia di bidang kemanusiaan sejak 11 Desember 2019, melalui penyediaan satu unit Outlander PHEV untuk kegiatan tanggap bencana dan berbagai kegiatan kemanusiaan lainnya.

Selama pandemi Covid- 19, Outlander PHEV telah membantu PMI untuk melakukan berbagai kegiatan kemanusiaan, di antaranya sebagai unit pendukung penyemprotan disinfektan, pendukung training tanggap bencana anggota TNI di Markas PMI, unit penyaluran bantuan untuk tenaga medis, dan yang terakhir sebagai pendukung tanggap darurat di area terdampak erupsi Gunung Merapi, Jawa Tengah.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close