Otomotif

Berbekal teknologi baru, Mitsubishi Xpander siap tekuk Toyota Avanza

Sebagai pesaing dikelas MPV, Mitsubishi Xpander menempel ketat penjualan Toyota Avanza di pasar otomotif Indonesia. Namun dalam beberapa waktu kedepan, Mitsubishi Xpander akan tekuk penjualan Toyota Avanza, berbekal teknologi canggih.

Rencana peluncuran generasi terbaru Xpander tersebut, saat ini tengah dipersiapkan Mitsubishi Motors, dan menjadi rencana jangka pendek untuk menghadirkan mobil yang kini penjualannya berada di tiga besar pasar otomotif nasional.  

Xpander menjadi salah satu produk andalan dari Mitsubishi Motors karena cocok untuk keluarga. Mobil jenis multi purpose vehicle itu memulai debut globalnya pada 2017 lalu, di salah satu pameran otomotif di Tanah Air.

mitsubishi Xpander Cross
mitsubishi Xpander Cross Foto: Hops/Mfd

Model terbaru yang akan diluncurkan yakni Xpander hybrid, mobil yang hadir memberikan pengalaman berkendara yang berbeda dibanding versi mesin konvensionalnya. Perpaduan mesin bensin dan motor listrik menjadikan Xpander terbaru sebagai mobil ramah lingkungan.

Baca juga: Penjualan Pajero jeblok, Mitsubishi tekan tombol STOP pabriknya

Selain itu tentu, teknologi hybrid dikenal sebagai teknologi yang mampu memberikan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dibanding model yang ada saat ini.Namun belum diketahui pasti berapa konsumsi bahan bakar Xpander hybrid yang akan diluncurkan 3 tahun lagi.

Bocornya rencana peluncuran Xpander hybrid sendiri diketahui dari presentasi strategi produk di wilayah Asia Tenggara. Dimana Mitsubishi mengungkap penetrasi pasar yang akan dilakukan melalui beberapa produk mobil yang akan disiapkan untuk konsumennya.

Mitsubishi Xpander Cross
Mitsubishi Xpander Cross Foto: Hops/mfd

Dalam keterangan yang dilansir Carscoops, Mitsubishi Xpander hybrid akan diluncurkan pada tahun fiskal 2023 mendatang. Tak hanya Xpander, Pajero yang kini menjadi primadona di kelas SUV juga akan mendapatkan desain ulang dari model yang ada saat ini.

Mitsubishi Xpander di pasar nasional

Di Indonesia Mitsubishi Xpander menjadi MPV pilihan keluarga karena harga yang ditawarkan relatif terjangkau. Untuk bisa mendapatkan mobil ini konsumen harus menyiapkan dana sebesar Rp217,8 juta hingga Rp275,1 juta sebagai tipe tertingginya.

Mitsubishi Xpander Cross
Mitsubishi Xpander Cross Foto: Hops/mfd

Pilihannya terdapat delapan varian yang ditawarkan, dengan mesin andalannya 4A91 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve, yang mampu menghasilkan tenaga 102 hp @ 6.000 rpm, Torsi 141 Nm @ 4.000 rpm.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Cikarang, Jawa Barat memproduksi Xpander di fasilitas pabriknya. Selain menjadi pasokan untuk pasar lokal. Xpander buatan Indonesia tersebut juga dipasarkan di beberapa negara tujuan eksport Mitsubishi saat ini.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close