Hobi

Jarak tempuh mobil capai 50 ribu kilometer, kenali komponen perlu perawatan

Mobil dengan jarak tempuh hingga 50 ribu kilometer menjadi tahapan, beberapa komponen mobil perlu membutuhkan perawatan sejak keluar pabrik.

Pada kondisi jarak tempuh dengan penggunaan jarak tempuh ini, beberapa komponen biasanya telah mengalami batas durability dari penggunaan. Karenanya jarak tempuh ini sering menjadi batas akhir dari pemberian garansi mobil.

Baca juga: Finja 500 saingan Ninja ZX-10R, tampang gahar harga Rp28 juta

Dengan jarak tempuh 50 ribu kilometer, maka kondisi mobil dipastikan akan menurun dan harus masuk dalam tahap perawatan melalui beberapa pergantian komponen, mulai dari beberapa komponen mesin, suspense dan bagian lainnya.

Lakukan perawatan mobil sebelum dijalankan
Melakukan perawatan mobil jarak 50 ribu kilometer sebelum dijalankan Foto: Auto2000

Adanya kerusakan ataupun pergantian, tetap harus merujuk pada pemeriksaan yang bisa dilakukan pemilik mobil melalui jadwal perawatan atau servis rutin mobil. Batas penggunaan komponen pada jarak tempuh ini juga cukup banyak yang harus diperhatikan pemilik mobil.

Pencapaian jarak tempuh ini juga dinilai Auto2000 sebagai kondisi mobil telah melewati berbagai macam kondisi jalan. Mengingat pemilik mobil tentu pernah mengalami melibas lubang jalan dengan kecepatan tinggi maupun melibas genangan air yang cukup tinggi.

Kondisi itulah yang menjadi patokan banyak produsen mobil untuk memberikan perawatan besar pasca mobil keluar dari mobil dan menjadi batas dari tenggung jawab perlindungan kerusakan produksi yang diberikan oleh produsen mobil.

Mekanik melakukan perbaikan mobil
Proses perawatan mobil di bengkel resmi Foto: Auto2000

Jarak tempuh tersebut potensi kerusakan bisa terjadi kapan saja, seperti di bagian mesin, suspensi, rem, dan kemudi. Termasuk pula sistem pendukung kendaraan lainnya seperti aki, wiper, radiator, alternator, dan parts lainnya. Bila dibiarkan, mobil milik AutoFamily bisa mendadak mogok atau dampak lainnya yang berakibat fatal.

Karenanya meski mobil selalu melakukan perawatan rutin, namun proses penggantian komponen dengan batas jarak waktu tersebut wajib dilakukan pemilik mobil. Meski penggantian tetap merujuk pada pemeriksaan komponen penggantian juga dilakukan berdasarkan pedoman servis resmi.

Pada kondisi ini, pemilik tidak diwajibkan mengganti komponen secara keseluruhan, namun bertahap harus melakukan penggantian berdasarkan Riwayat dari data kondisi komponen dan usia pakai komponen pada mobil.

Dalam periode waktu tertentu, sekaligus menggantinya bila diindikasikan tidak layak pakai atau waktunya diganti tanpa perlu menunggu rusak. Dengan begitu, mampu mengurangi kemungkinan bermasalah di kemudian hari.

Perawatan mobil jarak 50 ribu kilometer
Perawatan mobil jarak 50 ribu kilometer Foto: Dok Auto2000

Dan jangan lupa, komponen yang diganti saat servis berkala merupakan spare parts orisinil sehingga sanggup mempertahankan performa mobil dengan baik. Termasuk, servis berkala secara teratur biasanya menjadikan value/nilai jual kembali kendaraan lebih baik, terlebih ditunjang dengan adanya historis servis yang tersimpan dengan baik di database Auto2000.

Sebagai informasi, servis berkala kecil adalah servis berkala di luar servis berkala besar (60.000, 70.000, 90.000, 100.000 km dan seterusnya). Sementara servis berkala besar adalah servis berkala kelipatan 40.000 km (80.000, 120.000, 160.000 km dan seterusnya).

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close