Hobi

Mobil bekas ini bakal booming penjualannya pasca Corona

Menilai pasar mobil bekas di tengah dampak pandemi Corona dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tentu tidak mengalami penurunan drastis. Namun jika bicara prediksi mobil bekas apa yang akan booming penjualannya pasca Corona, terdapat dua model yang akan laris manis.

Dua mobil yang akan diprediksi mengalami kenaikan penjualan pasca Corona yakni mobil model city car dan low cost green car (LCGC). Kedua model ini akan banyak diburu konsumen di Jakarta khususnya pasca wabah Corona berakhir.

Prediksi tersebut diungkap Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih, dimana konsumen akan lebih banyak memburu mobil kelas city car dan LCGC. Kedua model ini akan banyak dibeli konsumen karena harganya yang cukup terjangkau.

Ilustrasi mobil bekas Foto: ist

“Pasca Corona semua kalangan masyarakat, baik kelas atas maupun bawah, sekuat mungkin bertahan di tengah kondisi ekonomi sulit pasca pandemi Corona berlangsung. Startegi menahan kebutuhan non primer tentu menjadi pilihan salah satunya membeli mobil.” Ungkapnya saat dihubungi Hops.id beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mobil Honda paling laris sepanjang virus Corona melanda Indonesia

Ia menambahkan, meski kebutuhan mobil tidak bisa dielakkan, namun konsumen akan mencari mobil jenis city car maupun LCGC karena harga yang ditawarkan cukup terjangkau. “Spend money yang dilakukan saat krisis tentu tak banyak, jadi banyak konsumen mencari mobil dengan harga murah,” katanya.

Prediksi model yang akan laris manis saat Corona berakhir, yakni generasi terbaru Honda Brio di pasar mobil seken juga mengalami banyak permintaan. Kondisinya dinilai sama dengan mobil baru yang memiliki penjualan cukup besar.

Jajaran mobil bekas Foto: Ist

Model Honda Brio mampu memikat para konsumen karena memiliki desain yang cukup mewah dan menarik. Sehingga konsumen banyak yang memilih model ini sebagai kendaraan keluarga kecil. Selain itu Brio juga dikenal lincah di dalam kota karena dimensinya.

Terkait model LCGC, Herjanto memprediksi masih akan besar peluangnya untuk model kendaraan versi murah dengan kapasitas tujuh penumpang. Sigra dan Calya akan menjadi pilihan banyak konsumen nantinya pasca Corona.

“pasar kendaraan LCGC masih akan didominasi oleh kendaraan dengan kapasitas tujuh penumpang, selain murah mobil ini mampu memenuhi kebutuhan konsumen yang membutuhkan mobil dengan kapasitas besar,” tutupnya.

Penjualan Honda Mobilio

Ditengah pandemi virus Corona yang melanda Indonesia. Honda masih mampu membukukan angka penjualan yang cukup baik dengan mobil paling laris, dimana total penjualan sebesar 10.657 unit sepanjang Maret 2020 dengan model paling larisnya masih tetap dipegang oleh kendaraan jenis hatchback.

Berdasarkan data resmi yang dikeluarkan Honda, penjualan mobil Honda terlaris masih terdapat di model Brio yang tetap mampu menjadi tulang punggung Honda sepanjang bulan Maret 2020. Bahkan Brio mampu menyumbangkan setengah dari total pencapaian penjualan Honda, dibanding beberapa model andalan lainnya di pasar otomotif nasional.

Honda Brio Foto: ist

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM, menjelaskan, dalam kondisi pasar yang sedang turun saat ini, sangat penting untuk tetap menjaga level stok dan pasokan untuk konsumen agar tetap seimbang dengan permintaan pasar.

“Kami juga terus memonitor permintaan di pasar untuk mempersiapkan strategi yang tepat dalam menjalankan aktivitas produksi di bulan-bulan mendatang.” tambahnya dalam siara resmi yang diterima Hops.id.

Berdasarkan data yang diungkap, total penjualan Honda Brio mencapai 5.444 unit, dan menjadi model terlaris. Posisi model terlaris kedua terdapat Honda HR-V dengan penjualan sebanyak 1.880 unit disusul CR-V 1.151 unit, Honda Jazz 820 unit dan Mobilio 745 unit.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close