Hobi

Mobil listrik murah harga Rp200 juta meluncur tahun depan

Trend mobil listrik di dunia bakal dimanfaatkan dua produsen mobil Jepang yakni Mitsubishi dan Nissan yang akan meluncurkan mobil listrik harga murah.

Tak main-main, Mitsubishi dan Nissan akan melakukan kolaborasi dalam mengembangkan mobil listrik yang akan dipasarkan secara bersama.

Berkat hasil pengembangan kedua produsen ini, harga mobil listrik yang akan dijual ke konsumen di pasar global kabarnya akan memiliki banderol yang bikin bengong.

Berdasarkan laporan seperti dikutip Nikkei Asia, mobil listrik hasil pengembangan dua produsen besar ini akan memiliki banderol sekira 1 juta Yen atau setara dengan Rp200 juta-an.

Mobil listrik IMK 2
Mobil listrik IMK2 Foto: Carscoops

Keunggulan mobil listrik murah Mitsubishi dan Nissan

Meski akan dibanderol dengan harga murah, namun mobil listrik racikan Mitsubishi dan Nissan bukan barang murahan, produsen mengklaim mobil listrik terbaru yang rencananya meluncur tahun depan ini memiliki jarak tempuh 200 km untuk satu kali pengisian baterai penuh.

Jepang sendiri merupakan salah satu negara yang cukup pesat dalam populasi mobil listrik. Jepang telah lama memiliki ketertarikan pada mobil kei, sedemikian rupa sehingga mereka menyumbang hampir 40 persen dari seluruh penjualan mobil di negara tersebut.

Sebagai negara dengan penjualan model kei car atau mobil berdimensi kecil, Jepang sendiri akan menggenjot populasi kendaraan listrik kei car.

Hasilnya, mobil kei yang serba listrik akan memainkan peran penting dalam mempercepat penggunaan kendaraan listrik. Harga EV yang terjangkau dari Nissan dan Mitsubishi tidak diragukan lagi akan membantu memperluas daya tariknya dan meningkatkan penjualan.

Selain dua produsen besar tersebut, beberapa model kei car lain juga akan memasarkan mobil listrik dimensi kecil. Bahkan diprediksi mobil kei car listrik akan mulai banyak bermunculan di negara matahari terbit ini.

Harga yang ditawarlkan dari jajaran mobil berdimensi kecil tersebut akan dibanderol cukup murah dimana rata-rata mobil listrik mungil memiliki kisaran harga masih dibawah Rp250 juta.

Toyota sepertinya tahun depan akan meluncurkan mobil listrik berukuran kecil dengan nama Pod C+, mobil ini akan dibanderol dnegan harga 1,65 juta atau setara Rp217 juta.

Tak hanya produsen mobil, beberapa perusahaan non otomotif seperti perusahaan pelumas Idemitsu juga akan mengembangkan mobil listrik perkotaan di Jepang.

Idemitsu siap meluncurkan mobil kecil bertenaga listrik dengan harga yang jauh lebih murah dari mobil listrik milik Toyota, banderolnya sendiri akan dipasang dengan harga 1 juta Yen atau setara Rp200 juta-an. Perkembangan model Kei Car listrik di Jepang, sayangnya belum ada rencana bagi produsen mobil Jepang di Indonesia menerapkan kemunculan mobil perkotaan bertenaga listrik dengan harga murah. Meski Indonesia memiliki wilayah dengan kandungan bahan pembuatan baterai mobil listrik.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close