Hobi

Mobil listrik racikan negara mayoritas Islam, bertenaga 400 hp

Era kendaraan elektrifikasi rupanya membuka peluang bagi banyak negara bisa memproduksi mobil. Salah satunya yakni negara mayoritas Islam yang berhasil meracik mobil listrik bertenaga besar.

Negara mayoritas penduduk Islam tersebut yakni Turki yang berhasil mengembangkan mobil listrik buatan dalam negeri. Keberhasilan negara ini dalam membuat mobil listrik tak main-main, selain spesifikasi yang ciamik, mobil ini juga memiliki jarak tempuh ideal.

Mobil listrik dengan nama TOGG ini merupakan joint venture antara produsen otomotif Turki. Bahkan mobil ini akan diproduksi melalui fasilitas yang akan dibangun di distrik Gemlik di barat Laut Provinsi Bursa dan pembangunannya akan selesai pada 2022 mendatang.

Mobil listrik negara Islam
Mobil listrik negara Islam Foto: Carscoops

Spesifikasi mobil listrik racikan negara islam

Mobil listrik TOGG sebagai mobil nasional Turki sendiri dilansir dari Carscoops, memiliki kandungan lokal atau penggunaan komponen lokal asal Turki cukup besar. Bahkan hanya menyisakan beberapa persen saja komponen yang memang masih harus di datangkan dari luar negeri.

Menurut laporan Daily Sabah sebesar 75 persen pemasok TOGG berlokasi di Turki sedangkan sisanya 25 persen berasal dari Eropa dan Asia. Karenanya mobil listrik ini bisa dikatakan sebagai mobil nasional Turki yang dikembangkan dalam  negeri.

TOGG diluncurkan pada pertengahan 2018 dan meluncurkan prototipe dari dua model pertamanya pada upacara khusus pada akhir 2019. Kedua kendaraan ini memiliki powertrain listrik dengan satu sedan kompak dan yang lainnya adalah SUV segmen-C. Produksi SUV akan dimulai tahun depan dengan sedan menyusul segera sesudahnya.

mobil listrik
Mobil listrik Foto: Carscoops

Versi entry-level SUV dan sedan hadir dengan motor listrik tunggal yang terletak di bagian belakang yang menghasilkan tenaga 200 hp.

Pelanggan yang mencari tenaga lebih akan dapat membuat versi varian dengan motor listrik kedua di gandar depan, menghasilkan total 400 hp.

Model unggulan juga akan dilengkapi dengan baterai yang lebih besar (kapasitas belum dikonfirmasi) yang menawarkan jangkauan lebih dari 310 mil (500 km) dan dapat diisi ulang hingga 80 persen dalam waktu kurang dari 30 menit.

Mobil listrik Turki ini rencananya akan menyiapkan tiga kendaraan hingga 2030 mendatang. Dengan model terbaru ini TOGG akan menjadi mobil listrik dengan spesifikasi yang bisa bersaing di pasar global.

Ilustrasi baterai mobil listrik
Ilustrasi baterai mobil listrik Foto: Carmagz

Cakupan jarak tempuh dari tenaga baterai hingga tenaga dari motor listrik yang dihasilkan memiliki standar pabrikan yang juga di sematkan pada mobil listrik dari merek mobil yang sudah terkenal.

Meski demikian, produsen TOGG asal Turki sendiri belum menginformasikan secara detil terkait pemasarannya akan dilakukan secara global atau hanya untuk beberapa negara saja.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close