Hobi

Catat! Mobil rusak akibat demonstrasi tak bisa klaim asuransi, kecuali…

Satu unit Honda Jazz rusak akibat demonstrasi yang tak bisa diklaim asuransi karena demonstrasi menolak omnibus law cipta kerja, bisakah klaim asuransi.

Mobil yang tengah terparkir tersebut diketahui menjadi bulan-bulan pengerusakan oleh oknum demonstran yang tengah melakukan aksi di depan kantor ESDM. Tampak Honda Jazz mengalami kerusakan parah di semua bagian dan tak bisa klaim asuransi.

Kerusakan tersebut meliputi seluruh kaca mobil pecah akibat hantaman batu. Bagian bodi pun mengalami kerusakan parah di semua bagian. Kerusakan tersebut diperkirakan karena hantaman benda tumpul yang dibawa oleh para demonstran.

Pelajar Demonstrasi
Pelajar Demonstrasi Foto: Antaranews

Akibat kerusakan ini bisakah pemilik mobil melakukan klaim perbaikan kepada perusahaan asuransi?

Menurut  SVP Communication & Customer Service Management Asuransi Astra, Laurentius Iwan Pranoto pada dasarnya mobil yang mengalami kerusakan akibat demonstrasi tidak bisa diklaim. Perusahaan asuransi tidak mengcover jenis kerusakan yang diakibatkan demonstrasi, maupun kegiatan lain yang melibatkan massa.

Hal tersebut juga tertuang dalam peraturan polis asuransi pasal 3 yang berbunyi Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian, kerusakan dan/atau biaya atas kendaraan bermotor dan/atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga yang langsung maupun tidak langsung disebabkan ole akibat dari, ditimbulkan oleh beberapa hal.

Baca juga: Demonstrasi ricuh, arek Suroboyo lontarkan umpatan khas Jawa Timuran

Pada klausul polis dijelaskan penyebabnya dituangkan pada point 3,diantaranya kerusuhan, pemogokan, penghalangan bekerja, tawuran, huru-hara, pembangkitan rakyat, pengambil alihan kekuasaan, revolusi, pemberontakan, kekuatan militer, invasi, perang, makar, terorisme, sabotase dan penjarahan.

Mobil rusak akibat demonstrasi
Mobil rusak akibat demonstrasi tak bisa klaim asuransi Foto: Suara

Seluruh penyebab tersebut yang menjadi penyebab kerusakan kendaraan, maka perusahaan asuransi tidak memberikan perlindungan kepada pemegang polis asuransi kendaraan. Namun pemilik polis asuransi tetap bisa mendapatkan perlindungan asuransi kendaraannya dengan cara tambahan.

Baca juga: Salah kaprah beli mobil over kredit hanguskan asuransi, asal lakukan ini

Tambahan tersebut yakni perluasan jaminan dari polis asuransi yang dimiliki untuk menambah perlindungan kendaraan ketika terjadi kerusuhan ataupun demonstrasi. Dengan cara tersebut perusahaan asuransi akan memberikan tambahan perlindungan agar pemilik mobil bisa melakukan klaim mobil rusak akibat demonstrasi.

“Perlu dilihat dulu apakah mobil sudah ada perluasan jaminannya dan perlu diperhatikan perluasan jaminan dibuat bukan setelah kejadian kerusakan tapi sebelumnya dan pemilik mobil terus melakukan pembayaran  penambahan biaya perluasan jaminan tersebut,” kata Iwan, saat dihubungi Hops.id Kamis 8 September 2020.

Demonstrasi Surabaya
Demonstrasi Surabaya Foto: Suara

Delapan mobil alami kerusakan akibat demo

Sebelumnya aksi demonstrasi yang terjadi di beberapa wilayah Jakarta menyebabkan beberapa pengrusakan oleh massa aksi. Diantaranya, kantor ESDM dimana para demonstran melakukan pengrusakan tak hanya pada fasilitas gedung.

Delapan mobil yang tengah berada di parkiran gedung ESDM tak luput dari pengrusakan oleh demonstran yang secara massif melakukan penolakan pengesahan Omnibus Law Cipta kerja yang disahkan DPR RI.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close