Hobi

Mobil SUV terlaris di Indonesia, Mitsubishi Pajero libas penjualan Fortuner

Perang insentif PPnBM memang tak berlaku bagi SUV kelas medium yang di dalamnya terdapat Mitsubishi Pajero, Toyota Fortuner, Nissan Terra dan Isuzu Mu-X. Dari keempat model tersebut, Mitsubishi Pajero menjadi SUV terlaris di Indonesia.

Desain yang lebih kokoh dan futuristic menjadi salah satu nilai jual terlaris Mitsubishi Pajero Sport menjadi pilihan konsumen dibandingkan dengan jajaran mobil SUV medium lain yang ditawarkan beberapa produsen otomotif di tanah air.

Tak hanya itu, salah satu bocoran yang membuat Pajero laris manis sepanjang kuartal pertama tahun ini, tak lepas dari cara Mitsubishi yang memberikan program khusus bagi konsumen yang memboyong Pajero Sport, meski model ini tidak mendapatkan insentif PPnBM.

Mitsubishi Pajero Sport
Mitsubishi Pajero Sport Foto: Doc MMKSI

“Kami memohon maaf kepada konsumen, sebab Pajero Sport tidak masuk dalam program (PPnBM) ini,” ungkap Presiden Direktur PT MItsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura.

“Namun, calon konsumen tidak perlu khawatir karena kami telah memulai sales program sejak April khusus untuk Pajero Sport,” ujarnya menambahkan.

Menurut Keputusan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 839 tahun 2021 disebutkan bahwa produk yang mendapat diskon PPnBM harus memenuhi persyaratan local purchase paling sedikit 60 persen.

Kabin Mitsubishi Pajero Sport
Kabin Mitsubishi Pajero Sport Foto: Doc MMKSI

Penjualan Mitsubishi Pajero terlaris kalahkan Fortuner

Di atas kertas penjualan Mitsubishi Pajero menjadi SUV paling laris di Indonesia tercatat dari data Gabungan industri kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo) mampu mencatatkan penjualan wholesales sebanyak 8.299 unit.

Sedangkan beberapa model pesaingnya tercatat berada di bawah Pajero, diantaranya Toyota Fortuner yang menjadi pesaing terberatnya hanya mencatatkan angka wholesales sebesar 7.787 unit disusul Isuzu Mu-X 30 unit dan Nissan Terra yang tak mencatatkan penjualan.

Torehan angka penjualan tersebut, memposisikan Mitsubishi Pajero Sport sebagai pemimpin di segmen medium SUV 4×2 dan 4×4 bermesin 2.5 liter.

“Pajero Sport terbukti tetap menjadi pilihan karena kesesuaian dalam menjawab kebutuhan dan keinginan konsuman Indonesia, termasuk sejumlah program menarik yang ditawarkan,” kata Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura, Jakarta, Senin.

Adapun program penjualan yang disuguhkan MMKSI untuk Pajero Sport antara lain uang muka ringan mulai 15 persen, atau bunga ringan 0,75 persen atau program tabungan emas senilai Rp5 juta.

Mitsubishi Pajero Sport
Mitsubishi Pajero Sport Foto: Doc MMKSI

Harga terlaris Mitsubishi Pajero Sport baru tak dapat PPnBM

Kepastian harga Mitsubishi Pajero Sport terbaru yang siap meluncur siang ini tak mendapat penurunan harga dari kebijakan PPnBM, jika mengacu pada peraturan pemerintah yakni

Pemerintah memberikan insentif penurunan tarif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk kendaraan bermotor segmen kurang dari 1.500 cc kategori sedan dan 4×2 mulai Maret 2021. Kebijakan terhadap pemberian keringan pajak yang ditanggung pemerintah pada segmen mobil tersebut karena paling diminati konsumen.

Pemberlakuan pajak PPnBM juga berlaku bagi beberapa kendaraan jenis SUV, MPV dan city car yang semuanya terpenuhi syarat diantaranya bermesin kurang dari 1.5 liter dan memiliki kandungan komponen lokal sebesar 70 persen.

Spesifikasi mesin

Model terbaru Mitsubishi Pajero Sport terbaru diperkirakan akan tetap menggunakan mesin berkode 4N15 4-silinder dengan kapasitas 2.4L MIVEC turbo. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga mencapai 178 tk @3.500 rpm dan torsi 430 Nm @2.500 rpm.

Mitsubishi Pajero Sport merupakan SUV premium yang diluncurkan sejak 2009, hingga kini menjadi SUV paling banyak diterima konsumen tanah air. Kehadirannya menjadi pesaing bagi Toyota Fortuner.

Saat ini terdapat 6 varian Pajero Sport yang dipasarkan di Indonesia: Dakar 4×4, Dakar Ultimate 4×2, Dakar 4×2, Exceed 4×2 AT, Exceed 4×2 MT, GLX 4×4. Terdapat pula model edisi terbatas yang ditawarkan diantaranya Pajero Sport Rockford Fosgate Black Edition.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close