Hobi

Kaleng ternyata bisa cegah mobil keyless dicuri maling, begini caranya

Teknologi canggih banyak diterapkan di mobil keluaran terbaru salah satunya teknologi keyless yang memudahkan pemilik buka tutup pintu mobil Cuma memencet tombol pada remot. Dibalik kecanggihan mobil tersebut, teknologi keyless justru rentan terhadap pencurian.

Modus yang digunakan, uniknya menggunakan perangkat yang memang sangat rentan terhadap aplikasi teknologi keyless pada mobil.  Para pencuri diketahui menggunakan teknologi relay untuk menjebol sistem pada mobil dengan keyless.

Dimana relay akan menerima sinyal dari kunci yang terletak dalam rumah ketika mobil sedang di parkir di garasi. Secara otomatis relay akan mentransfer sinyal ke perangkat portable yang disiapkan para pencuri.

Keyless mobil
Keyless mobil Foto: Pinterest

Dengan begitu mobil akan sangat mudah dibuka karena perangkat portable memiliki akses yang sama dengan sinyal yang dimiliki pada perangkat keyless yang ada di rumah. Dengan demikian, pencuri secara leluasa akan membuka pintu mobil dan menyalakan mesin dengan mudah.

Tingkat pencurian mobil teknologi keyless tinggi

Tingginya angka pencurian yang terjadi pada mobil dengan teknologi keyless tengah marak terjadi di Inggris . Angka peningkatan pencurian mobil sendiri 3,1 persen terjadi pada mobil dengan sistem pengaman keyless.

Namun sayangnya modus baru para pencuri ini tidak menjamin keamanan dengan teknologi terhindar dari pencurian. Teknologi keamanan canggih justru dinilai sangat rentan terhadap pencurian yang terjadi di Inggris.

Pencurian mobil
Pencurian mobil foto: Pinterest

Kondisi inilah yang belakangan membuat kepolisian setempat meminta para pemilik mobil untuk meningkatkan keamanan pada mobil yang dilengkapi dengan keyless. Bahkan kepolisian sendiri telah melakukan riset terkait pencegahan pencurian pada mobil keamanan canggih.

Cara cegah pencurian mobil keyless

Untuk cegah pencurian dengan mobil keyless kepolisian bersama produsen mobil telah menemukan cara mudah yakni dengan memberikan perlindungan sinyal agar tidak bisa di transfer atau terkirim melalui alat portable yang digunakan pencuri.

Perlindungan bisa menggunakan bahan metal atau menaruh keyless pada material logal seperti kaleng atau sejenisnya. Dengan material ini sinyal tidak akan bisa keluar atau terhalang ketika pencuri mencoba melakukan transfer sinyal.

Keyless mobil
Keyless mobil foto: ist

“Sementara perkembangan teknologi yang pesat telah secara dramatis meningkatkan pengalaman pengemudi, hal itu juga memungkinkan penjahat untuk mengeksploitasi kelemahan dalam keamanan elektronik. Kami bekerja sama dengan produsen mobil untuk membantu mereka merancang kejahatan dengan berbagi intelijen dan peralatan yang disita dari penjahat.” Ungkap kepolisian seperti dikutip carscoops Jumat 23 juli 2021.

Pihak berwenang juga melakukan bagian mereka ketika dewan mencatat Polisi Leicestershire baru-baru ini mengamankan tujuh anggota geng, yang terlibat dalam lebih dari 50 pencurian tanpa kunci yang melibatkan kendaraan senilai £2,4 ($3,3 / €2,8) juta. Ini mengikuti penangkapan di Liverpool, di mana lima orang dijatuhi hukuman karena pencurian mobil dengan total sekitar £2,6 ($3,6 / €3,0) juta.

Pencurian tanpa kunci telah meningkat dan tidak sulit untuk memahami mengapa pencuri dapat mencuri mobil Anda dalam waktu kurang dari 20 detik. Pembuat mobil telah bekerja untuk meningkatkan keamanan sistem entri tanpa kunci dan Dodge baru-baru ini mengumumkan sistem “verifikasi ganda”, yang akan membatasi kecepatan mesin model performa tinggi tertentu hingga 675 rpm kecuali jika PIN yang benar dimasukkan ke dalam sistem infotainment.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close