Hobi

Mobil Via Vallen terbakar, asuransi: Beli baru, kita kasih uangnya

Toyota Alphard milik Via Vallen yang terbakar dengan kerusakan yang sangat parah, akan langsung mendapat penggantian. Bahkan jika memenuhi klausul perkara, penggantian akan langsung diberikan berupa uang untuk membeli mobil baru.

Hal tersebut diungkap Head of Communication Asuransi Astra Iwan Pranoto yang mengatakan pihak asuransi akan memberikan penggantian jika benar mobil di bakar oleh orang yang tidak dikenal. Pada kasus Via Valen, diperkirakan merupakan murni kejahatan, namun kondisi tersebut harus diperkuat dari penyelidikan yang harus dilakukan.

Bahkan menurutnya penggantian bisa dilakukan dengan cara mengganti mobil baru yang mengalami kerusakan. Ketentuan ini sesuai dengan aturan asuransi yang akan memberikan penggantian unit (mobil) baru jika biaya perbaikan yang dialami lebih dari 75 persen dari harga mobil.

Mobil Via Vallen dibakar
Mobil Via Vallen dibakar. Foto Insta Story Via Vallen

“Jika mobilnya rusak dengan biaya perbaikan hingga 75 persen dari harga mobil, akan kita ganti baru. Uangnya kita kasih dan pemilik mobil bisa beli mobil baru,” ungkap Irwan Pranoto

Iwan menambahkan, pada dasarnya risiko kendaraan yang terbakar bisa ditanggung pihak asuransi. Jika penyebab terbakar itu karena perbuatan jahat, maka akan ditanggung pihak asuransi. Hal itu tertuang dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) pasal 1 ayat 1.2 mengenai perbuatan jahat.

Baca juga: Mobil BMW yang tak akan produksi lagi, harganya cuma buat sultan

Dalam ketentuan polis, perbuatan jahat merupakan tindakan seseorang atau kelompok orang yang berjumlah kurang dari 12 (dua belas) orang yang dengan sengaja merusak harta benda orang lain karena dendam, dengki, amarah, atau vandalistis.

Mobil Alphard Via Vallen
Mobil Alphard Via Vallen terbakar. Foto tangkapan layar dokumen ANTARA.

“Tapi kalau penyebabnya termasuk dalam huru-hara atau terorisme, maka itu di luar ketentuan polis dan tidak diganti asuransi. Jadi, dalam proses penggantian atau klaim itu pihak asuransi tidak serta merta memberikan tanggung jawab sebelum mengetahui penyebab,” jelasnya.

Jika tindak kejahatan terbukti dilakukan oleh salah satu oknum yang disebutkan di atas, tentunya pihak asuransi juga tidak dapat membantu untuk cover. Terkait hal ini juga sudah tertuang pada Bab II Pasal 3 ayat 1.3 dan ayat 4.1. mengenai adanya beberapa pengecualian penggantian pada mobil terbakar yang tak bisa ditanggung oleh pihak asuransi seperti Bab II Pasal 3 ayat 4.1.

Dalam klausus diatas disebutkan, pertanggungan tidak menjamin kerugian, kerusakan dan/atau biaya atas Kendaraan Bermotor dan/atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga jika: disebabkan oleh tindakan sengaja Tertanggung dan/atau pengemudi dan/atau orang yang bekerja pada dan/atau orang suruhan Tertanggung.

Mobil Via Vallen dibakar
Mobil Via Vallen dibakar. Foto Insta Story Via Vallen

Pada bab II Pasal 3 ayat 1.3 dan ayat 4.1 ini dapat diartikan pihak asuransi tidak akan mengganti kerusakan mobil terbakar akibat tindak kejahatan yang dimana pelakunya adalah orang-orang yang sudah disebutkan pada Bab II Pasal 3 ayat 1.3 dan ayat 4.1 tersebut ataupun ditemukannya suku cadang atau part yang sudah tidak sesuai standar atau hasil modifikasi dari pemilik mobil tanpa adanya laporan ke pihak asuransi sebelumnya seusai diinvestigasi oleh pihak asuransi. Maka bisa dipastikan pemilik kendaraan yang terbakar ini tidak bisa mendapatkan penggantian dari asuransi.

Namun kembali lagi ditanggung tidaknya mobil terbakar dilihat dari hasil investigasi atas penyebab bagaimana mobil tersebut bisa terbakar, jika penyebab terbakarnya mobil tersebut dikarenakan tindak kejahatan yang lakukan oleh suami atau istri, anak, orang tua atau saudara terkandung tertanggung, orang yang bekerja pada Tertanggung, orang yang sepengetahuan atau seizin Tertanggung, orang yang tinggal bersama tertanggung, pengurus, pemegang saham, komisaris atau pegawai, jika Tertanggung merupakan badan hukum, orang yang berada di bawah pengawasan Tertanggung.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close