Trending

Mobil Wapres Ma’ruf Amin kehabisan BBM, SetWapres: BBMnya khusus

Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan sebuah mobil sedan mewah dengan bendera merah putih dan memiliki plat nomor polisi RI 2. Mobil yang dipastikan sebagai kendaraan dinas Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin tersebut viral karena kehabisan bensin di jalan.

Tak diketahui pengunggah ataupun pemilik  akun yang menyebarkan video tersebut, namun tayangan dengan durasi sekira 8 detik tersebut telah menyebar di berbagai akun media sosial. Tampak dalam video petugas paspampres melakukan pengisian bahan bakar ke mobil yang tengah digunakan Wapres Maruf Amin.

Dalam video yang beredar, dinarasikan kejadian berlangsung di salah satu jalan kota Bogor. Namun informasi tersebut masih belum bisa dipastikan tepatnyaa kejadian tersebut berlangsung. Sedangkan habisnya bahan bakar mobil dinas wapres yang tengah digunakan tersebut dibenarkan.

Mobil dinas Wapres Maruf Amin
Mobil Maruf Amin Foto: Antara

Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar yang mengatakan telah mengetahui beredarnya video viral tersebut, terkait pengisian bahan bakar mobil wapres menggunakan jeriken di pinggir jalan, dibenarkannya.

“Proses pengisian BBM yang ada dalam video karena jenis bahan bakar yang digunakan pada mobil wapres tersebut tidak ada di SPBU umum. BBM yang digunakan memiliki kriteria khusus untuk mobil VVIP dan bukan karena mobil tersebut kehabisan BBM,” kata Oemar dalam keterangan resminya Sabtu 11 Juli 2020.

Baca juga: Kritik berani Dono Warkop soal polisi ‘berperut gendut’ di era Orba, salut!

Keterangan itulah yang saat ini diklarifikasi pihak sekretariat wapres terkait beredarnya video yang tengah viral saat ini di sosial media. Dengan keterangan tersebut, pihak sekretariat mengklaim jika mobil bukan kehabisan bahan bakar, namun karena BBM yang digunakan merupakan jenis khusus yang disediakan untuk kendaraan jenis VVIP.

Mobil dinas Wapres Maruf Amin
Mercedes Benz Guard Foto: Antara

Namun pengisian bahan bakar jenis khusus tersebut, tetap memperlihatkan kondisi pengisiaan bahan bakar khusus ke dalam tangki mobil dinas wapres, yang bisa diartikan mobil membutuhkan bahan bakar khusus yang tengah diisi petugas paspampres.

Mobil Wapres Maruf Amin

Sebagai mobil dinas VVIP, Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin baru saja mendapatkan mobil dinas baru yakni Mercedes Benz S 600 Guard. Mobil yang dipesan khusus langsung dari Jerman ini, memiliki spesifikasi keamanan yang berbeda dari model S 600 lainnya.

Mercedes Benz S600 Guard terbaru diklaim memiliki standar dengan setifikasi teknologi keamanan tingkat tinggi. Seperti mobil memiliki Ketahanan Kendaraan terhadap Ledakan (ERV 2010), ditambah sertifikasi perlindungan kelas VR10. Kedua standar yang tercantum menandakan kesanggupan bodi kendaraan berikut kaca jendela, menerima serangan peluru senapan serbu dan ledakan granat tangan.

Mobil Wapres Maruf Amin
Mobil Wapres Maruf Amin Foto: ANtara

Tangki bahan bakar juga memiliki kemampuan menutup lubang akibat tembakan, secara otomatis. Begitu juga penguatan kemudi serta poros penggerak kendaraan tersebut. Teknologi canggih lain adalah kemampuan ban mobil untuk melaju dalam keadaan kempes, untuk mencari lokasi aman dalam keadaan darurat.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close