Hobi

KIA siapkan pesaing Xpander dan Avanza, kelas MPV makin sesak

Pasar mobil multi purpose vehicle (MPV) di tanah air memang cukup besar dan banyak model yang ditawarkan produsen mobil. Terbaru produsen KIA digadang tengah persiapkan mobil MPV terbarunya yang akan bersaing dengan Xpander dan Avanza.

Kehadiran model MPV terbaru dari KIA ini, sebagai salah satu strategi yang dilakukannya untuk mencoba mengimbangi pasar kendaraan SUV yang tengah meroket. Model MPV sendiri berdasarkan riset yang dilakukan KIA, masih cukup baik.

Muslima Fest

Dimana konsumen masih cukup besar memilih kendaraan bangku baris tiga berkapasitas cukup besar dan memiliki fungsionalitas yang cukup nyaman sebagai kendaraan keluarga.

Sebagai diferensiasi, KIA kabarnya akan memposisikan MPV terbarunya ini di atas kelas beberapa model MPV lainnya seperti Xpander dan Avanza. Dimana MPV terbaru KIA akan lebih premium dibanding pesaing beratnya tersebut.

Mobil MPV Kia
Mobil MPV KIA

Desain mobil MPV KIA

Secara desain KIA belakangan tampil dengan bahasa desain yang kental dengan gaya tampilan kendaraan Eropa. Untuk model MPV ini, KIA tampaknya berusaha untuk memberikan perbedaan dibanding dengan model Seltos yang sudah diluncurkan lebih dulu.

Sementara bahasa desain EV terbaru merek Korea Selatan menghindari gril merek dagang Tiger Shark, MPV berbasis Seltos, yang ditujukan untuk mengadopsi mesin IC, diharapkan untuk mempertahankannya sebagai inti dari gaya eksteriornya. MPV Kia Baru untuk India – Render A pilar A yang tajam dan garis atap datar membuat profil MPV praktis namun bergaya.

Secara desain, lekuk bodi tajam yang mengesankan sporti namun masih tetap memperlihatkan gaya kemewahan yang ditampilkan. Secara keseluruhan desain MPV ini bisa membawa angina segar ditengah jenuhnya konsumen terhadap model MPV sejuta umat.

MPV KIA
MPV KIA Foto: Rushlane

Sektor interior MPV KIA

Dari bagian kabin, unsur kemewahan masih terlihat cukup kental. Namun pusat pandangan khususnya bagian dasbor mirip dengan model Seltos yang sudah diluncurkan sebelumnya.

Interior dan peralatan MPV Kia kemungkinan besar meminjam sebagian besar dasbornya dari Seltos yang bukan hal yang buruk mengingat betapa luasnya pujian dari crossover tersebut. Sistem infotainment layar sentuh UVO connect dengan lebih dari 50 fitur akan menjadi salah satu nilai jual utama dari people carrier.

Daftar fitur dan tingkat trim diharapkan sebanding dengan saudara SUV-nya. Varian yang terisi penuh akan mengemas beberapa airbag dan ESP sementara ABS dan EBD akan menjadi standar di seluruh jajaran.

Sebuah dokumen bocor baru-baru ini yang merinci rencana jangka menengah pembuat mobil untuk pasar kami mengkonfirmasi bahwa MPV Kia baru sedang dalam pengerjaan dengan peluncuran yang dijadwalkan pada Januari 2022. 2022 Kia MPV berdasarkan Seltos Detail teknis dari Kia MPV mendatang masih langka sampai sekarang, tetapi itu akan didasarkan pada platform Seltos yang sangat terlokalisasi.

Segmen MPV tiga baris sejauh ini berhasil menahan kebangkitan SUV yang meroket, dan ke depan, menunjukkan prospek pertumbuhan yang menjanjikan. Versi Kia diharapkan dapat diposisikan sebagai alternatif yang sedikit lebih premium untuk orang-orang seperti Mahindra Marazzo dan Maruti Ertiga, sambil mengecilkan Toyota Innova Crysta yang sangat populer secara signifikan.

MPV baru ini baru-baru ini dimata-matai di dekat pabrik perusahaan. Spesialis desain Pratyush Rout telah membayangkan MPV Kia yang dimaksud melalui rendering spekulatif. Inspirasi desain diperoleh dari Seltos serta beberapa studi desain terbaru Kia.

Jika dibandingkan dengan Seltos kelas MPV terbaru dari KIA untuk menambah ruang untuk baris kursi tambahan, tetapi solusi yang lebih murah adalah dengan hanya mengeluarkan overhang belakang. Masih harus dilihat ke arah mana para insinyur dan desainer Kia akan bersandar.

KIA MPV
KIA MPV Foto: Rushlane

Powertrain Kia MPV untuk pasar kami kemungkinan besar akan mewarisi jajaran powertrainnya dari Seltos. Opsi level awal adalah motor bensin 1,5 liter yang disedot secara alami yang menghasilkan 115 hp. Unit bensin 1.4 liter turbocharged 140 hp juga diharapkan berada di lineup. Pembakar oli 1,5 liter 115 hp juga akan ditawarkan.

 Dengan platform yang sudah sangat terlokalisasi dan menghasilkan volume yang bagus dengan Seltos, Kia dapat memanfaatkan manfaat dari skala ekonomi dan harga MPV secara agresif. Perusahaan berencana menjual 50.000 unit produk mendatang per tahun di pasar domestik selain mengekspor sekitar 26.000 unit. Fasilitas Anantapur harus diperpanjang untuk menampung MPV.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close