Hobi

Modifikasi terlarang, bodi Toyota Camry bolong cara kurangi bobot salah

Modifikasi memang lazim dilakukan pemilik mobil yang tidak suka dengan desain pabrika, atau guna menunjang kebutuhan terhadap kendaraan yang dimilikinya. Diantara banyak aliran modifikasi saat ini, pemilik Toyota Camry justru lakukan modifikasi terlarang untuk kurangi bobot kendaraan.

Jika idealnya banyak pemilik mobil mengurangi bobot kendaraan asli  pabrikan yang rata-rata menggunakan plat dengan ketebalan minimal 0,6 milimeter, dan mengganti beberapa bagian mobil dengan material bahan yang lebih ringan menjadi solusi banyak modifikator maupun tuner mobil di seluruh dunia.

Bahan yang sering menjadi rekomendasi banyak tuner dan modifikator yakni material karbon yang dinilai saat ini memiliki bobot yang lebih ringan dibanding bahan plat besi. Selain itu, karbon juga memiliki tinggat kekuatan yang maksimal, sehingga dinilai cukup aman jika digunakan pada kendaraan.

Bahan karbon pada mobil Foto: Aliexpress

Cara benar itulah yang menjadi solusi untuk mengurangi bobot mobil pada bagian bodi. Sayangnya formulasi tersebut tak dilakukan oleh pemilik Toyota Camry satu ini yang ingin mengurangi bobot mobil dengan cara salah dan terbilang unik.

Pemilik mobil melakukan pengurangan bobot dengan cara mudah dan gampang, yakni dengan membolongi bodi mobil. Uniknya bagian mobil yang dibolongi tak hanya di bagian tertentu melainkan hampir seluruh bagian mobil tak luput dari target bolongan yang dibuat.

Sebagai permulaan, panel kuartal depan, pintu, dan panel kuartal belakang semuanya telah dibor, mungkin untuk menghilangkan bahan berlebih yang menurut pemiliknya menambah berat terlalu banyak.

Baca juga: Mobil terbakar gegara cairan pencuci tangan meledak

Terlebih lagi, puluhan lubang telah dibor di bumper belakang dan jika Anda perhatikan dengan cermat, lubang telah dibor di pilar-B dan di dalam pilar-C. Langkah ini justru diyakini akan berdampak pada integritas struktural mobil, risiko tak lebih dari unsur keselamatan yang diabaikan pemilik mobil karena membolongi seluruh bagian mobik.  

Toyota Camry Foto: Carscoops

Hal-hal tidak berhenti dengan panel dan pilar bodi. Ratusan lubang tampaknya telah dibuat di roda aftermarket dan bahkan rem drum belakang. Heck, gagang pintu belakang juga sudah dilepas dan sepertinya semua jendela samping sudah dilepas.

Seluruh bagian tersebut tak luput dari senjata bor yang digunakan pemilik mobil. Seluruh bagian hingga detil perangkat yang menjadi penunjang keselamatannya pun menjadi sasaran targetnya dalam mereduksi bobot kendaraan.

Tak bisa dibayangkan tampilan mobil Toyota Camry menjadi tak berbentuk. Hingga saat ini tidak diketahui alasan dari pemilik mobil membolongi semua komponen pada mobil, selain satu alasan mengurangi bobot mobil.

Bahan karbon mobil Foto: Ist

Namun dari tampilan mobil, terlihat kendaraan tersebut diperkirakan hanya digunakan sebagai aktifitas harian saja. Tanpa ada kebutuhan lain, seperti untuk balapan yang membutuhkan bobot ringan untuk mendukung tenaga mesin maksimal dari bobot kendaraan.

Bisa dipastikan seluruh ubahan yang dilakukan pemilik mobil tidak memenuhi standar keamanan pada kendaraan dan berisiko terhadap keselamatan pemilik mobil.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close