Hobi

IMX Makassar pecah, modifikator timur Indonesia ogah kalah pamor

Minimnya penyelenggaraan pameran modifikasi dan industri otomotif di tanah air, menjadi bukti pecinta modifikasi dan peran modifikator masih cukup besar. Tak hanya di kota besar seperti Jakarta yang jadi barometer, modifikator di wilayah timur Indonesia seperti Makassar penyelenggaraan IMX 2021 berlangsung pecah.

Meski terkendala masalah pandemi covid-19, antusiasme besar diperlihatkan oleh para modifikator dan pelaku industri modifikasi di Makassar. Penyelenggaraan yang berlangsung virtual justru menjadi magnet bagi para modifikator dan pelaku industri otomotif lainnya.   

“Di lokasi kedua seri IMX 2021 ini tentunya kami juga melaksanakan live streaming langsung di kota setempat. Antusias khalayak modifikasi di Makassar luar biasa! Saat pertama kali dibuka, banyak sekali mobil modifikasi NMAA Top 10 yang mendaftar. Selain itu dukungan workshop dan komunitas timur, komunitas otomotif setempat membuat kegiatan kali ini terasa lebih bermakna,” ujar Andre Mulyadi selaku IMX Project Director.

IMX 2021 modifikasi Makassar
IMX 2021 modifikasi Makassar Foto: Doc NMAA

Tercatat penonton yang hadir mencapai lebih dari 13 ribu orang dari berbagai daerah dan negara. Angka ini lebih tinggi dibanding kegiatan seri serupa yang diselenggarakan di Denpasar, Bali beberapa waktu lalu.

Automotive Talk Show

Penyelenggaraan IMX di  Makassar menyajikan program Automotive Talk Show bersama Ridwan Hanif – YouTuber otomotif, Kiki Anugraha – KARMA Bodykit, dan Delly Nugraha – Carsome Indonesia.

Dalam sesi talk show ini membahas soal tren dunia otomotif dan modifikasi tanah air, serta tantangan dan kesempatan yang dihadapi industri dalam menghadapi pandemi. Termasuk di dalamnya perkembangan penjualan mobil seken yang bisa dijadikan bahan modifikasi.

Dalam pembincangan seru ini juga penonton juga mendapat edukasi soal bagaimana cara membeli mobil bekas di masa pandemi. Termasuk seperti apa kriteria kondisi mobil bekas yang ideal, termasuk modifikasi yang disarankan tanpa menguras budget dan sesuai selera.

IMX 2021
Pameran modifikasi IMX 2021 foto: Doc NMAA

Overseas Talk Show

Ryan “Rywire” Basseri modifikator spesialis wire tuck sekaligus pemilik rumah modifikasi Rywire Motorsport Electronic asal Garden Grove California, AS tampil sebagai bintang tamu dalam sesi Overseas Talk Show. Ia membicarakan tren modifikasi Dunia, serta apresiasi yang luar biasa terhadap karya para builder lokal bersama Andre Mulyadi dan Erwin Chairudin.

Dalam perbincangan yang dilakukan jarak jauh itu, Ryan sangat memuji perkembangan modifikasi di Tanah Air yang maju pesat melalui Indonesia Modification Expo. Bahkan ia sendiri sempat datang ke IMX dua kali dan cukup terkesan dengan mobil-mobil modifikasi dan pengetahuan teknis modifikator Indonesia. KARMA Bodykit adalah salah satu produk yang membuatnya sangat terkesan, dia bercerita sempat terkaget ketika dia melihat banyak produk tersebut di Amerika, dan mengakui kepopuleran produk ini di Amerika Serikat.

IMX 2021
Pameran Modifikasi IMX 2021 Foto: Doc NMAA

NMAA Top 10 IMX Makassar

Sebagai kegiatan khas IMX, NMAA Top 10 dilangsungkan untuk melihat menampilkan mobil modifikasi lokal Makassar yang dikurasi tim NMAA ditampilkan ke dunia. Beragam mobil modifikasi dengan berbagai gaya ditampilkan dan mewakili car scene Makassar sebagai kiblatnya modifikasi di kawasan Indonesia Timur, tujuannya tentu saja agar geliat industri modifikasi daerah kembali bergerak kembali.

Sebagai bagian dari pertunjukkan, Kiki Anugraha (KARMA) dan Jack Suwandi (Pengepul Mobil) melakukan Live Review terhadap 10 mobil modifikasi pilihan, yang telah diseleksi digital dari puluhan kendaraan yang diseleksi secara digital oleh NMAA. Dimana pada akhirnya team Indonesia Modification Expo yang diwakili Erwin memilih mobil Jeep JK milik Alan Nizar dinobatkan sebagai peraih IMX Golden Ticket untuk dapat mengikuti NMAA Top 50 di acara puncak IMX 2021 pada 2 Oktober mendatang di Jakarta.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close