Trending

Moeldoko: Calon Kapolri sudah ada, tapi kebetulan tidak…

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan nama calon Kapolri yang akan diajukan Presiden Jokowi ke DPR RI sudah ada. Namun dia mengaku tak mengetahui siapa persisnya calon Kapolri yang akan diajukan ke parlemen.

Penggantian Kapolri dilakukan karena Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis akan pensiun pada 1 Februari 2020. Makanya mengingat kurang dari sebulan lagi, diperkirakan calon Kapolri sudah jelas dan diajukan pada Januari ini.

Pasti sudah ada

Kepala Staff Kepresidenan RI Moeldoko
Kepala Staff Kepresidenan Moeldoko Foto: Antara

Moeldoko mengaku belum tahu nama yang akan diajukan sebagai calon Kapolri.

“Siapanya pasti sudah ada. Kebetulan tidak di kantong saya,” kata Moeldoko di Jakarta, Senin 4 Januari 2021 dikutip dari Antara.

Ia mengatakan pergantian Kapolri sesuatu yang rutin dan prosedur serta mekanismenya juga sudah ada.

Semuanya, menurut dia, tinggal menunggu waktu.

“Mekanisme jelas ada usulan, kemudian DPR akan memproses. Berikutnya nanti keputusannya seperti apa. Saya pikir sampai di situ saja,” kata Moeldoko yang merupakan mantan Panglima TNI itu.

Sesuai dengan prosedur, nama-nama calon Kapolri akan dikirimkan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) kepada Presiden.

Selanjutnya, Presiden akan memilih satu nama yang akan diajukan ke DPR untuk menjalani uji kepatutan dan kelayakan.

Bursa calon Kapolri

Pentikan Kapolri Jenderal Idham Azis
Pentikan Kapolri Jenderal Idham Azis. Foto Instagram @kemensetneg.ri

Beberapa waktu lalu bursa calon Kapolri diperkirakan seru, jenderal bintang dua atau Irjen diduga bakal peluang ikut bursa calon Kapolri. Hal ini seiring dengan peluang pengisian jabatan Kepala Badan Narkotika Nasional. Malahan spekulasi Kapolda Metro Irjen Fadil Imran bakal masuk bursa pun muncul.

Namun ternyata peluang jenderal bintang dua jadi calon Kapolri pupus setelah Kepala BNN dijabat oleh Irjen Petrus Golose.

Menurut analisis Indonesia Police Watch, Irjen Petrus merupakan jenderal Polri yang netral tidak masuk kubu gerbong kekuatan bursa calon Kapolri. Makanya dari sini peluang jenderal bintang dua masuk dalam bursa pengganti Jenderal Idham Azis tertutup sudah.

Sejauh ini, ada 14 jenderal bintang tiga di Polri, termasuk Wakapolri Gatot Edi, Kabareskrim Sigit Listyo Prabowo, Kabaharkam Agus Andrianto, dan Kepala BNPT Boy Rafli.

Empat jenderal bintang tiga itu diperkirakan calon populer pengganti Jenderal Idham Azis. Praktis, bursa calon Kapolri kini cuma direbutkan oleh jenderal bintang tiga alias Komjen.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close