Hobi

Ekspor perdana motor listrik Gesits ke Senegal, totalnya bikin kaget

Motor listrik nasional Gesits yang awalnya dikenal hasil pengembangan dari Institute Teknologi Sepuluh november (ITS) Surabaya, perdana ekspor memasuki pasar luar negeri, pasar pertama yang disasar yakni Senegal resmi dikirim Sabtu (16/10/2021).

PT Wika Industri Manufaktur (WIMA) sebagai produsen motor listrik nasional Gesits, Wima telah melakukan pemasaran motor listrik di Indonesia dengan harga Rp24 juta. Pengembangan pasar terus dilakukan hingga resmi menjadi produk eksport ke luar negeri.

Muslima Fest

Direktur Utama WIMA, M. Samyarto mengatakan bahwa ekspor motor listrik GESITS ini merupakan perdana dilakukan oleh WIMA setelah pada bulan Juni lalu dilakukan peluncuran resmi GESITS di Senegal oleh Duta Besar RI Dakar.

Ekspor motor listrik Gesits
Ekspor motor listrik Gesits Foto: WIMA

“Pelaksanaan ekspor perdana Motor Listrik GESITS ini adalah suatu bukti nyata bahwa kualitas produk yang lahir dari anak bangsa Indonesia, tidak hanya dapat digunakan di Indonesia saja, namun mampu bersaing di pasar global. Hal ini juga membuktikan bahwa GESITS adalah suatu produk yang unggul dan berkualitas dikelasnya” Ujar Samyarto.

Total ekspor perdana motor listrik Gesits bikin kaget

Telah menjebol pasar ekspor tentu menjadi kebanggaan bagi para pencipta motor listrik nasional Gesits, pasalnya untuk memenuhi kebutuhan pasar tersebut terbilang tidak mudah dan harus memenuhi regulasi yang terdapat pada negara tujuan.

Walaupun dalam hal ini Duta Besar RI Dakar Dindin Wahyudin mengatakan “Ekspor GESITS ke Senegal ini akan membuka pasar ke negara-negara di sekitarnya. Senegal merupakan negara paling stabil secara politik di kawasan, dan merupakan pintu masuk atau hub bagi negara-negara di sekitarnya.”

Namun jika melihat total jumlah unit yang dikirimkan tidak disebutkan secara resmi, dan jenis model apakah CBU atau CKD yang dikirimkan. Wima hanya mengklaim ekspor perdana motor listrik Gesits dikirimkan sebanyak satu kontainer saja ke Senegal.

Motor listrik Gesits karya anak bangsa
Motor listrik Gesits Karya anak bangsa Foto: Antara

Belakangan diketahui satu unit kontainer motor listrik nasional Gesits akan dimanfaatkan KBRI Dakar pada acara pameran dagang terbesar di Senegal (FIDAK), awal Desember 2021. Pameran Dagang ini tidak hanya akan dihadiri oleh masyarakat Senegal, namun juga potential buyers dari negara-negara lain, khususnya dari wilayah Afrika Barat. 

Setelah melalui rangkaian proses riset, tahapan uji coba dan produksi yang konstruktif, dengan bangga kami mempersembahkan GESITS, karya anak bangsa Indonesia pertama yang menggunakan teknologi motor bertenaga listrik.

Dan Motor Listrik GESITS telah mendapatkan Sertifikat Uji Tipe (SUT) dari Kementerian Perhubungan RI sehingga sudah layak untuk digunakan masyarakat umum dan dapat diterbitkan STNK/BPKB layaknya sepeda motor konvensional saat ini. Mengombinasikan keamanan, performa dan efisiensi, motor ramah lingkungan ini memiliki biaya operasional hingga 70% persen lebih efisien dari motor konvensional.

GESITS memiliki 162 komponen dengan 85% komponen diproduksi di dalam negeri yang dipasok oleh 24 perusahaan dan 5 diantaranya BUMN. Untuk Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) GESITS saat ini sebesar 46,73%.

Gesits. Foto: Gesits.co.id
Gesits. Foto: Gesits.co.id

GESITS dilengkapi motor listrik dengan tenaga puncak 5 kW dan menggunakan baterai Lithium NCM berkapasitas 1.44 KWh untuk 1 baterai den dapat digunakan dengan 2 baterai sehingga dapat berjalan hingga 100 kilometer per satu kali pengisian daya.

Waktu pengisian daya antara 3 hingga 4 jam, dengan 30 min pertama dapat menempuh jarak 10 Km. GESITS memiliki fitur double disk brake, transmisi pulley, suspensi belakang monoshock, LED Daytime Running Lights, HID Projector Head Lamps. Selain itu, GESITS juga dilengkapi dengan digital dashboard yang dapat terkoneksi dengan ponsel pengendara.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close