Otomotif

Mengenal Kymco RevoNEX motor listrik kopling yang antimanja

Produsen sepeda motor asal Taiwan Kymco kini tengah mengembangkan motor listrik kopling yang antimanja. Tak seperti motor listrik lain yang mengusung teknologi transmisi otomatis, Kymco rencananya mengembangkan motor bernama RevoNex, motor listrik antimanja yang berbeda dari motor listrik lain yang menggunakan transmisi matik.

Hadirnya girbox dengan transmisi manual ini, merupakan pilihan dari produsen Kymco menghadirkan sepeda motor yang mampu memberikan sensasi berkendara berbeda dan antimanja. Sehingga pengendara tak hanya sekedar memutar gas layaknya skuter matik.

Menurut CEO Kymco, Alan Ko saat memperkenalkan motor listrik konsepnya tersebut di ajang Tokyo Motorcycle Show, keinginan dirinya untuk memberikan sensasi berkendara sebenarnya kepada konsumen motor listrik Kymco.

Motor listrik Kymco RevoNex
Motor listrik Kymco RevoNex Foto: Visordown

Alasan itulah yang membuat RevoNex dikembangkan menggunakan gigi transmisi layaknya sepeda motor konvensional yang masih banyak populasinya di dunia. “saya menyadari dia sangat serius dalam rencananya untuk mengambil sepeda motor listrik dari keanehan niche ke pilihan utama, untuk pengendara sepeda motor listrik,”  ungkapnya seperti dilansir visordown, Kamis 9 Juli 2020.

Baca juga: Kawasaki nyeleneh bikin mesin yang ogah dilakukan produsen motor lain

Nantinya pengembangan motor listrik RevoNex diklaim akan menjadi motor listrik paling revolusioner yang pernah ada di pasar global. Klaim terbaru Kymco ini juga pernah dibuktikan belasan tahun dimana Kymco lebih dulu menjadi produsen yang dikenal dengan produk skuter matik sebelum produsen Jepang meliriknya seperti saat ini.

Dengan pengembangan RevoNex yang pengajuan patennya tengah dilakukan. Produsen Kymco berharap motor listriknya ini mampu memenuhi permasalahan bagi pemilik motor listrik yang baru saja beralih dari motor mesin konvensional.

Motor listrik Kymco Revonex
Kymco kembangkan motor listrik RevoNex Foto: Visordown

Salah satu keluhan utama ketika beralih dari bensin ke elektron untuk pertama kalinya adalah transmisi twist and go. Untuk sebagian besar, motor listrik memiliki torsi lebih dari mesin pembakaran internal, meniadakan kebutuhan untuk kotak rasio yang kompleks dan berat untuk memaksimalkan perjalanan berkendara.

Masalahnya adalah ia dapat mengurangi pengalaman berkendara secara keseluruhan, membersihkan perjalanan dan bagi banyak orang, menghilangkan banyak sensasi saat berkendara.

Kymco RevoNEX menghadirkan gearbox konvensional, dengan enam kecepatan dan kopling. Ia juga memiliki rem di lokasi konvensional,  beberapa sepeda listrik menggunakan ‘rem skuter’ di setang kiri. Kymco bahkan memiliki fitur sistem penguatan kebisingan, yang meningkatkan kebisingan motor dan gearbox untuk memberikan pengendara petunjuk yang sangat penting bagi RPM mesin.

Motor listrik kymco
Motor listrik Kymco RevoNex Foto: Visordown

Dengan enam rasio dan kopling untuk dimainkan, RevoNex akan memiliki karakter yang tak berbeda dengan motor bermesin konvensional, meski diakui produsen asal Taiwan ini tetap ada karakteristik dari motor listrik yang tak bisa dihilangkan salah satunya getaran seperti motor mesin konvensional.

Namun dalam pengoperasian motor listrik RevoNex pengendara bisa menyesuaikan seperti  motor biasanya, seperti menarik kopling dan memasukkan gigi transmisi manual di sepeda motor.

“Jika Anda ingin pengalaman berkendara yang lebih murni, kopling dapat digunakan dengan cara yang sama seperti pada sepeda konvensional, jika membutuhkan tenaga lebih tinggi maka dibutuhkan proses perubahan di setiap gir untuk menyalurkan tenaga dari mesin,” tutup Alan Ko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
X
Close