Hobi

Qianjing Motorcycle QJ350, percayalah ini motor bikinan Harley Davidson

Sosok tunggangan satu ini memang tak memiliki aura sebagai motor hasil racikan produsen Harley Davidson. Terlebih nama yang digunakan Qianjing Motorcycle QJ350 sangat identik dengan motor racikan Tiongkok, namun percayalah motor ini buatan Harley Davidson.

Produsen motor ternama Amerika Serikat, memang telah melakukan Kerjasama dengan produsen Zhejiang Qianjing Motorcycle China. Langkah pengembangan dilakukan Harley untuk memperluas pasar sepeda motornya di Kawasan Asia.

Baca juga: Mengenal teknologi baru VVT Harley Davidson, untuk hemat BBM?

Untuk itulah Harley melakukan Kerjasama dengan produsen China yang akan menawarkan berbagai model sepeda motor yang sesuai dengan pasar Asia. Salah satu model yang disiapkan yakni motor naked dengan gaya sporti yang diberinama QJ350.

Motor QJ350 racikan Harley Davidson
Motor QJ350 racikan Harley Davidson Foto: Rushlane

Model sepeda motor tersebut seperti dilansir Rushlane, merupakan hasil dari kolaborasi Harley Davidson dengan Qianjiang yang juga dikenal sebagai produsen motor Benelli. Karenanya beberapa komponen juga akan dipasok oleh Qianjing menggunakan komponen dari beberapa model Benelli.

Diantaranya perangkat suspensi, rem dan system elektrifikasi sepeda motor akan dipasok oleh produsen Benelli yang diambil dari perangkat yang telah diproduksi Benelli. Harley dan Qianjing rencananyta meluncurkan motor tersebut untuk kebutuhan pasar di China.

Namun belakangan, target pemasaran QJ350 akan mencakup ke beberapa negara di Asia termasuk India. Belum diketahui apakah motor ini juga akan meluncur ke pasar sepeda motor Indonesia. Namun strategi inilah yang dilakukan Harley Davidson dalam memperluas pasarnya secara global.

QJ350 motor racikan Harley Davidson
QJ350 motor racikan Harley Davidson Foto: Rushlane

Harley Davidson QJ350

Sebagai bagian dari mitra kerjasamanya, pengembangan sepeda motor juga akan dilakukan, dimana Harley akan turut memasarkan model QJ350 menggunakan basis motor yang tengah dipasarkan saat ini. Namun beberapa ubahan tetap akan dilakukan Harley untuk meningkatkan identitas dan karakteristik tunggangan khas moge Amerika.

Salah satu bocoran, yakni di bagian blok mesin sebelah kiri, terdapat tulisan Harley Davidson untuk menunjang merek dagang sepeda motor ini. Platform sasis dan model diperkirakan akan tetap sama, dimana model akan menggunakan versi naked.

Motor QJ350
Motor QJ350 racikan Harley Davidson Foto: Rushlane

Terkait sektor pacunya, motor yang akan dijual Harley sebagai tunggangan hasil kolaborasinya memiliki  mesin inline twin silinder berkapasitas 350 cc, dari mesin yang digunakan tenaga yang mampu dihasilkan akan mencapai 35 hp.

Model motor ini akan menjadi tunggangan terbaru Harley Davidson bersama Qianjiang yang ditawarkan dengan harga murah bagi konsumennya. Namun sayangnya Harley dan Qianjiang telah mengkonfirmasi bahwa model HD350 tidak akan dijual di pasar dalam negerinya yakni Amerika Serikat.

Dengan demikian, motor hanya akan dipasarkan untuk negara-negara di kawasan Asia saja. Belum ada informasi terkait harga dari motor hasil kolaborasi Harley dan produsen motor China ini.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close