Trending

MUI respons video ngaji belepotan Ustaz Evie Effendi, begini katanya

Sejak viralnya video ngaji Ustaz Evie Effendi, banyak netizen yang meminta pendapat MUI terkait fenomena ini. Pasalnya, Ustaz Evie dinilai banyak melakukan kesalahan dalam membaca Alquran, mulai dari tajwid yang keliru hingga pemenggalan ayat yang terkesan asal-asalan.

Hal ini pun membuat warganet khawatir dengan kualitas ceramah sang pendakwah.

Rafani Achyar, sekretaris MUI Jabar
Rafani Achyar, sekretaris MUI Jabar Foto: Ist

Pertama kali diunggah di Twitter pada 28 Juni lalu, video tersebut telah ditonton sebanyak 1 juta kali dan mendapat 15 ribu retweet.

Baca Juga: Astaga, ada seminar pelakor bareng pakar yang track record-nya ngeri

Cuitan @_YusufMuhammad_ tentang bacaan Quran Ustaz Evie Effendi
Cuitan @_YusufMuhammad_ tentang bacaan Quran Ustaz Evie Effendi

Terkait hal ini, MUI pun akhirnya buka suara. Disitat Kumparan, sekretaris  MUI Jabar, Rafani Achyar mengaku telah menerima banyak permintaan dari masyarakat untuk mengundang Ustaz Evie ke MUI untuk berdialog. Rafani mengatakan bahwa pihaknya masih mempertimbangkan keputusan tersebut.

“Gini, ini juga memang sudah ada yang meminta dipanggil dari MUI, kami sedang mempertimbangkan nanti apakah mau diundang lagi ke sini tapi sedang dipertimbangkan lah,” ujarnya melalui sambungan telepon, Rabu 1 Juli 2020.

Ustaz Evie sendiri sebelumnya sudah pernah dipanggil ke MUI lantaran dakwahnya yang menyebut Nabi Muhammad SAW pernah sesat. Rafani mengatakan bahwa saat itu MUI memberi Evie sebuah fatwa tentang kerangka berpikir dalam beragama.

Pihaknya juga memberikan wejangan tentang keutamaan sikap saling menghormati dan toleransi dalam beragama.

“Para dai harus mengembangkan dan memberikan pemahaman kepada umat itu agar dalam menghadapi soal ini (perbedaan) kita harus saling menghormati dan menghargai. Jangan sampai bisa menimbulkan perpecahan atau bisa menimbulkan ketersinggungan pihak lain,” tutur Rafani mewakili MUI.

Ustaz Evie Efeendi banjir kritik karena bacaan Al-Quran
Ustaz Evie Efeendi banjir kritik karena bacaan Al-Quran Foto: Pinterest

Tak hanya membuat warganet geram, namun dakwah Ustaz Evie Effendi yang menghina Nabi sesat juga telah membuat para tokoh agam Islam lainnya ikut buka suara, mulai dari Habib Hasan, Ustaz Abdul Somad, hingga Habib Bahar bin Smith. Ia juga nyaris diperkarakan ke kepolisian lantaran hal ini.

Dalam pertemuan yang terjadi pada 2018 lalu, MUI mengaku bahwa Ustaz Evie Effendi telah meminta maaf atas ceramahnya yang kontroversial.

Kini, belum diketahui secara pasti apakah MUI akan memanggil Ustaz Evie Effendi untuk yang kedua kalinya terkait ngajinya yang banyak salahnya, sehingga label ustaz-nya dipertanyakan banyak orang. (re2)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close