Fit

Muncul bentol berwarna kemerahan disertai rasa gatal di kulit? Hati-hati biduran!

Hopers, kulit kamu muncul bentol berwarna kemerahan disertai rasa gatal di kulit? Itu merupakan salah satu gejala biduran, lho. Apa itu biduran? Simak artikel berikut selengkapnya.

Biduran atau urtikaria merupakan reaksi pada kulit yang ditandai dengan munculnya bentol atau bilur berwarna merah atau putih dan disertai dengan rasa gatal. Awalnya, bentol muncul hanya di satu bagian tubuh, namun semakin lama bentol tersebut dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Muslima Fest

Salah satu penyebab urtikaria adalah karena alergi. Namun perlu di garis bawahi bahwa bentuk bentol bisa berbeda-beda. Dalam beberapa kasus, urtikaria tak kunjung hilang setelah beberapa minggu dan berulang. Kasus tersebut dikategorikan sebagai urtikaria kronis. Nah, agar lebih paham mengenai urtikaria alias biduran, simak gejala, penyebab, dan cara mengobatinya di bawah ini.

Gejala biduran

Biduran. Foto: Alodokter
Biduran. Foto: Alodokter

Melansir Alodokter, sebagian besar penyakit ini ditandai dengan kemunculan bentol atau bilur bahkan ruam yang umumnya berbentuk oval. Bentol tersebut biasanya berwarna kemerahan atau putih dan disertai dengan rasa gatal. Jika dikelompokkan menurut durasi, penyakit tersebut dibagi menjadi dua jenis. 

Jenis pertama adalah biduran akut, jenis ini muncul secara tiba-tiba namun, akan sembuh dan reda dalam hitungan hari bahkan jam. Kedua adalah biduran kronis yang bertahan lebih lama atau jangka panjang, biasanya lebih dari enam minggu. 

Tapi tenang, kondisi kronis merupakan kondisi yang jarang terjadi. Selain itu, kondisi kronis bisa dijadikan penanda dari penyakit lain yang sedang diderita. Misalnya, penyakit tiroid, diabetes tipe 1 atau lupus. 

Penyakit ini sering terjadi pada anak-anak dan wanita pada usia 30 hingga 60 tahun. Selain itu, orang yang memiliki alergi juga rentan untuk terkena penyaki ini.

Penyebab

Umumnya, biduran bisa muncul karena reaksi alergi terhadap suatu benda atau zat yang menyebabkan sistem imun mengeluarkan zat histamin. Reaksi zat histamin yang dilepaskan ke kulit itulah yang menyebabkan timbulnya gejala-gejala uritkaria.

Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan penyakit uritkaria, dikutip dari Halodoc:

Penyebab biduran. Foto: Hellosehat
Penyebab biduran. Foto: Hellosehat
  • Kontak dengan pemicu atau penyebab alergi, seperti lateks dan bulu binatang
  • Makanan, paling umum adalah kacang, cokelat, makanan laut, telur, gandum, dan susu
  • Penggunaan obat
  • Zat adiktif atau bahan tambahan dalam makanan seperti pemanis, pengawet, pewarna, dan lain-lain
  • Infeksi, seperti hepatitis dan demam kelenjar
  • Gigitan serangga
  • Faktor lingkungan, seperti kondisi atau cuaca panas maupun dingin, reaksi terhadap air tertentu, atau bahkan sinar matahari

Kebanyakan, biduran bisa sembuh sendiri tanpa membutuhkan pengobatan khusus. Namun, kamu bisa ke dokter jika sudah dirasa sangat mengganggu ya, Hopers!

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close