Trending

Najwa ke Wagub DKI: Tegas mengimbau, tapi kok hadir ke acara Habib Rizieq?

Belakangan Pemprov DKI disorot publik lantaran seolah membiarkan kerumunan yang terjadi di Petamburan, Jakarta, tempat acara Habib Rizieq. Bukan cuma Gubernur Anies Baswedan, sang Wagub DKI Ahmad Riza Patria juga kena sorot karena ikut hadiri sebuah maulid di Tebet, yang turut mendatangkan Habib Rizieq.

Hal ini setidaknya menjadi salah satu pertanyaan yang dilontarkan presenter Najwa Shihab di acara Mata Najwa yang tayang pada Rabu malam, 18 November 2020.

Baca juga: Di depan Najwa, FPI akui acara di Petamburan dibantu Pemprov DKI

Awalnya, Najwa meminta Wagub DKI memberi pandangannya terkait kerumunan yang terjadi beberapa waktu terakhir, hingga membuat polemik di ruang publik. Wagub DKI lantas memberi bukti jika pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah kerumunan terjadi.

Mereka bahkan dengan tegas, telah berupaya melakukan pelarangan. Termasuk instruksi Gubernur Anies Baswedan di grup WhatsApp pimpinan daerah pada Kamis 14 November 2020. Anies, kata Riza, memberi arahan agar jajarannya melakukan sejumlah poin.

“Ada bukti WA-nya, semua bisa baca. Pertama, petugas diminta melakukan koordinasi dengan panitia, dan meminta pengerahan petugas dalam jumlah banyak serta membawa banyak poster yang isinya soal peringatan protokol kesehatan,” kata dia sambil membacakan isi WA yang sudah dicetak besar.

Wagub DKI Ahmad RIza Patria. Foto: Indopolitika.
Wagub DKI Ahmad RIza Patria. Foto: Indopolitika.

Poin kedua, lanjut Riza, Pemprov DKI menyatakan tidak menyediakan fasilitas dan peralatan dari Pemprov yang justru didukung oleh kerumunan. Ketiga, Pemprov juga meminta agar panitia kurangi jumlah kerumunan. Dan keempat, ingatkan warga agar tak terlalu lama di sana.

Mendapat penjelasan itu, Najwa kemudian mencecar Wagub DKI, soal kenapa ada penyediaan toilet umum di acara maulid dan pernikahan putri Habib Rizieq? Penyediaan toilet sendiri, kata Najwa, disediakan oleh Wali Kota Jakarta Pusat.

“Itu salah,” singkat Wagub DKI menanggapi.

Kok Wagub DKI datang ke acara Habib Rizieq?

Pada kesempatan itu, Najwa Shihab lantas melontarkan pertanyaan tajam. Dia bertanya soal mengapa Wagub DKI datang ke acara maulid di Tebet, sehari sebelum pernikahan anak Rizieq digelar.

Berulang kali Wagub DKI kukuh untuk menjelaskan terlebih dahulu poin yang ingin disampaikan terkait sikap Pemprov DKI atas upaya penegakan protokol kesehatan. Sampai Najwa kembali menegur Riza, untuk menjawab pertanyaan.

“Anda tegas mengimbau, tapi Anda juga hadir tuh di acara yang hadirkan Habib Rizieq?”

Riza pun mengakui jika dia hadir ke lokasi maulid di Tebet. Bukan cuma itu, dalam beberapa hari terakhir ketika itu, dia juga mengaku getol mendatangi maulid di Jakarta. Namun, selama yang dia datangi acaranya dilaksanakan dalam jumlah tamu yang terbatas.

Sosok Habibe Rizieq Shihab. Foto: Antara
Sosok Habibe Rizieq Shihab. Foto: Antara

“Saya ini setiap hari dapat undangan maulid Nana (panggilan Najwa Shihab), kemudian memang dalam beberapa hari itu memang saya datang. Sejauh yang saya datang, seperti di Tebet, Masjid Ijtihad juga saya datang, kemudian Jaktim, itu dilaksanakan dalam jumlah yang terbatas, ada videonya, orangnya itu berjarak.”

Namun untuk maulid di Tebet, Riza mengaku tidak mengetahui jika ada Habib Rizieq di acara tersebut. Ketika itu dia berpikir, maulid dilaksanakan biasa saja. Dia pun datang atas undangan Habib Ali Abdurahman Assegaf, bukan langsung dari Habib Rizieq.

“Undangannya jam 4 di Tebet. Saya enggak tahu di situ ada Habib Rizieq. Ketika datang kaget, jumlahnya luar biasa.”

“Maka itu justru jadi kesempatan bagi saya untuk sampaikan harus ada protokol covid, jaga jarak ke panitia. Jadi memang situasinya, Pak Habib Rizieq datang belakangan, setelah salat Subuh dia baru datang,” jelasnya.

Atas hal itu dia pun memahami jika kemudian publik punya persepsi lain atas dirinya. Namun yang pasti, kata dia, dirinya sudah berupaya memanfaatkan momentum itu untuk kampanye protokol covid saat diberikan waktu untuk memberi sambutan.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close