Hot

Nama unik 4 cucu Jokowi yang njawani dan punya arti indah

Presiden Jokowi baru saja dikaruniai cucu keempat. Kahiyang Ayu melahirkan anak keduanya pada pada 3 Agustus 2020 lalu. Jokowi hingga saat ini sudah memiliki 4 orang cucu. Masing-masing punya nama unik yang terinspirasi dari bahasa Jawa dan punya arti indah.

Jan Ethes Srinarendra

Jan Ethes adalah cucu pertama Jokowi dari putra sulungnya, Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda. Lahir pada 10 Maret 2016, Jan Ethes sering menemani aktivitas kakeknya.

Baca juga: Nasib ditinggal Jerinx tak hanya Nora, Oldsmobile akan bernasib sama

Tingkahnya yang menggemaskan jadi hiburan tersendiri untuk Jokowi dan Iriana. Ethes diketahui dekat dengan Jokowi dan sering diajak ke acara kenegaraan.

Diakui oleh Gibran, Jokowi lah yang memberi nama Ethes. Jan memiliki arti ‘sangat’, lalu Ethes bermakna ‘cekatan’, Srinarendra berarti ‘pemimpin yang cerdas’. Kalau digabung, bermakna pemimpin yang cerdas dan sangat cekatan.

View this post on Instagram

A post shared by Jan Ethes Srinarendra (@janethesss)

Sedah Mirah

Cucu kedua Jokowi merupakan anak sulung Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Namanya pun unik, Sedah Mirah Nasution.

Si mungil Sedah Mirah lahir pada 1 Agustus 2018 di Jakarta. Berasal dari bahasa Jawa, Sedah Mirah berarti menawan, salihah, dan dermawan. Doa orangtuanya agar ia menjadi anak yang menawan, salihah dan baik hati. Sementara Nasution merupakan marga dari ayahnya.

La Lembah Manah

Jan Ethes sudah jadi kakak. Adik perempuannya lahir pada 15 November 2019 di RS Muhammadiyah Solo.

Bayi yang lahir dari proses cesar diberi nama La Lembah Manah. Menurut ayahnya, nama Lembah Manah berarti rendah hati. Sedangkan La-nya adalah singkatan dari Luwes anakku, lomo anakku.

Luwes dan lomo merupakan bahasa Jawa. Luwes bermakna fleksibel, cepat beradaptasi. Sedangkan lomo bermakna senang berbagi. Harapan Gibran dan Selvi, anak keduanya rendah hati, mudah bergaul dan senang berbagi.

Kahiyang Ayu melahirkan anak kedua
Kahiyang Ayu melahirkan anak kedua. Foto: Instagram

Panembahan Al Nahyan Nasution

Kelahiran cucu keempat Jokowi, awalnya tidak terekspos ke publik. Kahiyang Ayu dan Bobby baru memberi tahu kehamilan kedua menjelang melahirkan.

Nama bayi berjenis kelamin laki-laki itu pun tidak langsung diumumkan ke publik saat konferensi pers. Beberapa hari setelah dilahirkan, barulah si ayah memberi tahu nama putra keduanya melalui Instagram.

Dia diberi nama Panembahan Al Nahyan Nasution. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi V, Panembahan berarti gelar kebangsawanan raja yang berasal dari bahasa Jawa.

Dilansir dari Wikipedia, Panembahan berarti orang yang disembah sebagai junjungan. Kata tersebut berasal dari ‘manembah‘ yang berarti menyembah. Gelar ini umumnya lebih rendah dibanding gelar Sultan, namun di atas gelar Pangeran Dipati/Adipati.

Masih melansir dari sumber yang sama, Panembahan biasanya digunakan untuk gelar di kerajaan Kalimantan, Jawa hingga Madura.

Sementara itu, kata Al Nahyan berasal dari bahasa Arab yang berarti kebijaksanaan. Nama Nasution diambil dari nama belakang Bobby yang merupakan marga suku Mandihiling di Sumatera Utara.

Dengan begitu, arti nama Panembahan Al Nahyan adalah “Raja yang bijak”. Nama anak kedua Bobby dan Kahiyang Ayu terdiri dari tiga perpaduan bahasa, yaitu Jawa, Arab, dan Medan.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close