Trending

Nasdem mau koalisi sama siapa usung Anies capres? Irma kasih bocoran

Partai Nasdem mulai memasukkan tiga nama capres idola yang akan mereka usung di Pilpres 2024 mendatang. Ketiga nama yang masuk dalam bursa konvensi capres Nasdem itu adalah Anies Baswedan, Ridwan Kamil, dan Khofifah Indarparawansa.

Ketiganya adalah gubernur di Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Masuknya Anies dalam bursa konvensi capres Nasdem sendiri dianggap sebuah berkah. Karena Anies sendiri akan mengakhiri jabatannya sebagai gubernur pada Oktober 2022 mendatang.

Lantas, seperti apa proses konvensi Nasdem, dan seperti apa aturan mainnya?

Anies masuk kandidat capres Nasdem

Politisi Nasdem Irma Suryani Chaniago mengatakan konvensi capres yang dilakukan partainya berbeda dengan konvensi-konvensi yang pernah dilakukan di partai lain. Sebut saja yang pernah dilakukan Golkar dan Demokrat beberapa tahun lalu.

Sebab konvensi ini akan didahului dengan koalisi partai politiknya terlebih dahulu.

“Sebagaimana yang disampaikan Ketua kami Surya Paloh kepada publik, bawha konvensi didahului koalisi partai politik. Kenapa karena saya bisa lihat konvensi yang dilakukan partai sebelumnya, mereka lupa kalau hasil dari konvensi bisa saja tidak dicalonkan kalau elektoralnya tidak mendukung,” kata dia disitat Tagar TV, Kamis 17 Juni 2021.

Anies Baswedan Panen Beras. Foto: Megapolitan
Anies Baswedan Panen Beras. Foto: Megapolitan

Belajar dari koalisi tersebut, Nasdem kemudian akan melakukan konsolidasi parpol terlebih dahulu, baru setelah itu menggelar konvensi. Atas hal itu pulalah Nasdem kemudian lebih mendahulukan konsolidasi parpol.

Saat ditanya, mana yang paling berpeluang akan diusung capres oleh Nasdem, apakah Anies, Ridwan, atau Khofifah, Irma bilang masih menunggu proses selanjutnya. Namun yang pasti sejauh ini Nasdem sudah membuka komunikasi dengan sejumlah partai terkait pencalonan capres, baik Anies, Ridwan, atau Khofifah.

“Saat ini ada 9 parpol di parlemen. Sementara untuk bisa mencalonkan capres nanti di 2024, kami butuh 11 persen lagi. Kita harus koalisi lagi untuk usung satu calon. Sejauh ini banyak parpol yang sudah mulai konslidasi, tapi tentu sampai hari ini kami belum bisa sampaikan parpol mana saja yaang sudah efektif dengan bersama dengan Nasdem.”

Semua, kata dia, masih dalam tahap pendalaman konsolidasi lebih intens dan mengerucut lagi. Setelah ada kesepakatan, baru disampaikan ke publik.

Ampuh dorong calon

Irma mengklaim Nasdem bakal sukses dengan cara konvensi dan konsolidasi seperti yang dilakukan saat ini. Sebab ini berkaca pada Pilkada lalu, di mana banyak calon yang diusung memenangkan pertarungan.

Pertemuan Partai Nasdem
Pertemuan Partai Nasdem. Foto Instagram @martinmanurung

Hal yang menjadi catatan, tentu saja pihak yang diusung harus memiliki elektabilitas tinggi dan selalu masuk dalam bursa survei sejumlah lembaga kompeten.

“Nasdem ingin ada ukuran yang jelas apakah calon bisa menang atau tidak. Kalau tidak, tentu tak akan masuk. Jadi kami tidak asal mendukung, akan kami godok juga elektabilitasnya, wawasan nusantaranya, ke-Indonesiaannya,” katanya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close