Trending

Negara ini tidak punya satu pun masjid, padahal ada ribuan umat Islam

Bagi umat Islam di Indonesia, masjid mudah sekali ditemukan dan tentu ini menjadi sebuah keuntungan yang tak ternilai. Namun bagaimana, jika dalam satu negara, tidak ada masjid sama sekali padahal ada ribuan umat Islam yang tinggal di sana?

Ya, di negara Slovakia diketahui tidak ada satu pun masjid yang berdiri di sana meski terdapat umat Islam sebanyak 5.000 orang. Ini menjadikan Slovakia satu-satunya negara di Uni Eropa yang tidak memiliki masjid.

Baca juga: 7 Negara paling tidak ramah kaum gay, ada yang sampai menghukum mati

Hal ini lantaran peraturan setempat yang cukup ketat mengenai agama dan pembangunan tempat ibadah.

Melansir rmx news, pada tahun 2016, dua pertiga deputi, termasuk oposisi, memberikan suara yang mendukung undang-undang yang mewajibkan kelompok agama di negara itu memiliki minimal 50.000 pengikut untuk bisa menjalankan sekolah agama, membuka lembaga keagamaan dan dapat menerima subsidi dari pemerintah.

Menurut sumber resmi, umat Islam di Slovakia hanya memiliki 5.000 pengikut dan membuatnya untuk saat ini tidak dapat menjadi salah satu agama yang diakui secara resmi oleh pemerintah setempat.

Bendera Slovakia. Foto: Leonhard Niederwimmer di Pixabay

Pada tahun 2016, Perdana Menteri Robert Fico mengatakan bahwa Islam tidak memiliki tempat di Slovakia.

“Maaf, Islam tidak memiliki tempat di Slovakia. Ini adalah tugas politisi untuk membicarakan hal-hal ini dengan sangat jelas dan terbuka,” kata Fico dalam sebuah wawancara.

Selama puncak krisis migran di Eropa, Menteri Dalam Negeri Slovakia saat itu mengatakan ingin membantu migran, namun dihadapkan dengan kenyataan bahwa tidak ada masjid di negara itu.

“Kami ingin membantu Eropa dalam masalah migran. Kami dapat menampung 800 Muslim, tetapi kami tidak memiliki masjid di Slovakia, jadi bagaimana Muslim dapat berintegrasi jika mereka tidak suka di sini?” kata dia.

Ibadah di sebuah bangunan khusus

Karena tidak ada masjid di Slovakia, membuat sekitar 5.000 umat Islam yang ada di sana menyiasati cara agar tetap bisa beribadah bersama-sama.

Umat Islam di Slovakia biasa berkumpul di Islamic Centre of Cordoba (Kulturne Centrum Cordoba) yang terletak di ibu kota, Bratislava. Ini adalah satu-satunya tempat peribadatan Islam di negara tersebut yang berada di bawah yayasan Islamic Foundation in Slovakia.

Meskipun tempat ini bukan sebuah masjid seperti yang biasa dilihat di Indonesia, namun tempat tersebut menjadi tempat salat bagi umat Islam di sana.

Kota Bratislava, Slovakia. Foto: Peter Toth di Pixabay

Kulturne Centrum Cordoba buka setiap hari dan biasa dijadikan tempat salat harian, kecuali salat Subuh.

Tempat ini tidak terlalu besar, tapi cukup untuk menampung sekitar 80-100 orang. Terdapat mimbar kayu untuk khotbah Jumat, namun tidak ada ornamen atau corak masjid yang biasa ditemukan seperti masjid-masjid di Indonesia.

Kulturne Centrum Cordoba pernah mencoba untuk mendapatkan izin mendirikan masjid, namun proposalnya ditolak oleh otoritas setempat.

loading...
Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close