Hobi

Ternyata ada negara tanpa nyamuk, ilmuwan bilang begini

Tinggal di Indonesia tentu sering berhadapan dengan nyamuk, terutama dari sore hingga malam hari. Terkadang nyamuk bisa menjadi serangga menyebalkan lantaran suara dan gigitannya yang mengganggu. Jika sudah demikian, ingin rasanya pindah ke negara yang tanpa nyamuk.

Tapi, apakah ada tanpa nyamuk di dunia ini? Jawabannya: Ada, yaitu Islandia.

Islandia, negara Skandinavia yang terletak dekat dengan lingkaran Kutub Utara menjadi satu-satunya negara tanpa nyamuk.

Baca juga: Punya badan tinggi besar, bagaimana posisi kawin dinosaurus?

Para ilmuwan yang kebingungan pun mencoba memecahkan misteri tersebut. Pasalnya, nyamuk diketahui dapat hidup di mana saja, bahkan di Antartika sekalipun.

Jadi, nyamuk dapat berkembang biak di tempat terdingin di Bumi, namun tidak bisa berkembang biak di Islandia. Padahal, suhu di Islandia tidak sedingin suhu di Antartika.

Islandia juga memiliki banyak danau dan kolam yang bisa jadi tempat nyamuk menaruh telur dan berkembang biak.

Misteri ini makin menjadi-jadi lantaran negara tetangga Islandia, seperti Norwegia, Swedia, Denmark dan Finlandia masih ditemukan adanya nyamuk.

Rumah-rumah di Islandia. Foto: Sharon Ang di Pixabay

Dilansir dari The New York Times pada Sabtu, 31 Oktober 2020, sejauh ini, teori paling mungkin yang dikemukakan ilmuwan adalah bahwa iklim lautan Islandia membuat nyamuk menjauh.

Ketika nyamuk bertelur dalam cuaca dingin, larva kemudian muncul dalam keadaan mencair, ini memungkinkan mereka berkembang biak.

Diketahui, Islandia tiap tahunnya mengalami tiga kali pembekuan dan pencairan besar, yang kemudian menciptakan kondisi yang mungkin tidak terlalu stabil untuk kelangsungan hidup serangga.

Teori lain berpendapat jika kompisisi kimiawi tanah dan air di Islandia tidak dapat ditoleransi oleh nyamuk.

Ahli Biologi Universitas Islandia, Gisli Mar Gislason mengatakan, apapun alasannya, di Islandia, nyamuk masih belum bisa berkoloni seperti di tempat lain.

Vik, Islandia. Foto: Jon Flobrant di Unsplash

Namun demikian, ketiadaan nyamuk di Islandia itu diprediksi tidak akan bertahan lama lagi. Diprediksi, dalam kurun waktu beberapa tahun lagi, nyamuk dan serangga lain yang sebelumnya tidak bisa hidup di negara itu akan hadir. Hal ini lantaran pemanasan global yang kian hari kian menjadi-jadi.

“Jika pemanasan global terus terjadi, kita mungkin akan menemukan nyamuk di Islandia dalam waktu dekat,” kata Gislason.

Untuk saat ini, nyamuk di Islandia hanya bisa ditemukan di satu tempat, yaitu di Institut Sejarah Alam Islandia. Di sana, nyamuk diawetkan dalam toples. Nyamuk tersebut ditangkap oleh Gislason di dalam pesawat ketika melakukan penerbangan dari Greenland.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close