Trending

Nggak ada takutnya! Preman di Jakarta Utara kembali palak sopir truk kontainer

Juni 2021, Presiden Joko Widodo menggaungkan pemberantasan premanisme di Jakarta Utara. Namun demikian, ternyata lebih kurang dua bulan berselang sejak giat pemberantasan dilakukan, para preman tanpa takut kembali beraksi melakukan pemalakan, perampasan terhadap sopir truk container.

Aksi premanisme ini terekam dalam video viral di media sosial. Salah satunya diunggah di akun Instagram @cetul.22. Berdasarkan keterangannya peristiwa ini terjadi di Jalan Raya Cilincing, Jakarta Utara atau tepatnya di depan PT Bogasari.

Dilansir dari Suara.com, pelaku terlihat tanpa basa-basi naik ke pintu truk kontainer yang sedang melaju pelan. Selanjutnya dia merampas barang milik sopir.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Guruh Arif Darmawan mengklaim telah menerima informasi terkait peristiwa ini. Dia mengatakan pihaknya tengah memburu pelaku tersebut. “Anggota kami sudah bergerak tadi malam. Semoga bisa segera ditangkap,” kata Guruh.

Diringkus

Peristiwa itu dibenarkan oleh Ketua Gepkes Indonesia sekaligus anggota Forum Lintas Komunitas Pengemudi Indonesia (FLKPI), Syarif Hidayat. “Pemalakan itu benar adanya di wilayah Tanjung Priok. Itu sangat benar sekali,” kata Syarif dikutip dari Kompas.com,

“Jika di daerah tersebut ada kemacetan yang lumayan parah pasti ada bajilo yang berkeliaran untuk malak sopir-sopir yang melintas di wilayah tersebut,” kata Syarif.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus saat memaparkan peringkusan preman di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Foto: Ist
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus saat memaparkan peringkusan preman di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Foto: Ist

Dia mengaku meminta anggotanya untuk membuat bukti rekaman apabila terjadi pemalakan. Namun pada peristiwa itu, Syarif tidak mengetahui berapa jumlah uang yang dirampas pemalak tersebut. Dirinya memastikan bahwa korban akan membuat laporan atas kejadian tersebut.

Merespons video viral tersebut, Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Guruh Arif Darmawan langsung mengerahkan anggotanya untuk mengejar pelaku. Hingga pada Kamis siang, Guruh menyatakan bahwa pihaknya telah menangkap tiga pelaku pemalakan terhadap sopir truk kontainer.

“Sudah kami amankan tiga pelaku dan saat ini sedang dalam pengembangan. Nanti kalau ada hasil pengembangan lagi diungkap besok,” kata Guruh.

Adapun penangkapan dilalukan oleh tim gabungan anggota Opsnal Jatanras, Polsek Koja dan Polsek Cilincing di Jalan Lagoa Kecamatan Koja, Jakarta Utara pada Kamis siang. Hasil pemeriksaan, pemalakan terjadi pada Rabu (21/7/2021) sekitar pukul 15.00 WIB, di Jalan Raya Cilincing.

Perintah presiden

Pada Juni 2021 lalu Presiden Joko Widodo atau Jokowi sempat memerintahkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk memberantas premanisme yang membuat resah sopir truk kontainer di Jakarta Utara. Printah Jokowi itu menyusul adanya keluhan langsung dari sopir-sopir truk kepadanya saat melakukan kunjungan kerja.

Presiden Jokowi saat meninjau dan mendengar keluh kesah sopir kontainer yang kerap dipungli preman. Foto: Ist
Presiden Jokowi saat meninjau dan mendengar keluh kesah sopir kontainer yang kerap dipungli preman. Foto: Ist

Jokowi selanjutnya menelepon Listyo dan memintanya segera memberantas kelompok premanisme tersebut. Tak kurang dari 1×24 jam puluhan preman berhasil diamankan aparat kepolisian.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close