Hobi

Ngiler mau kredit PCX 160, berapa DP dan cicilannya tiap bulan?

All New Honda PCX 160 baru saja meluncur resmi di Tanah Air pada awal Februari 2021 lalu. Bukan cuma bisa dibeli secara tunai, sebab salah satu motor skutik gambot andalan Honda ini juga bisa dibeli dengan cara mengangsur alias kredit.

Anda tentu penasaran bukan soal berapa down payment alias DP dan besaran cicilan dari PCX 160 ini? Nah, dalam tulisan kali ini Hops.id akan merincinya secara tuntas.

Sebelum masuk ke sana, ada baiknya konsumen lebih dulu mengetahui harga jual dari penantang Yamaha NMax ini. Jika bicara harga, All New Honda PCX 160 yang dipasarkan di Indonesia terbilang bersahabat ketimbang negara-negara lain.

Baca Lainnya

  • Maka itu, konsumen di Indonesia tentu mesti beruntung. Sebab, harga jual model ini di negara-negara lain jauh lebih tinggi dari yang dipasarkan di Tanah Air. Honda punya jawaban sendiri soal ini.

    Menurut keterangan mereka, langkah ini diambil sebagai bagian dari strategi masing-masing agen pemegang merek dalam memasarkan produknya. Selain itu, perbedaan harga juga bisa saja dipengaruhi dari berbagai komponen yang menempel di sepeda motor.

    Untuk harga, Astra Honda Motor sendiri mematok banderol PCX 160 dengan harga termurah Rp 30,35 juta untuk tipe CBS, lalu Rp 33,95 juta untuk tipe ABS, dan Rp 43,55 juta untuk tipe E HEV. Harga itu merupakan on the road Jakarta.

    Honda PCX 160
    Honda PCX 160 Foto: Doc AHM

    Harga tentu bisa berubah jika dipasarkan di daerah lain, semisal Tangerang, Banten, Bandung, atau luar kota, provinsi, dan sebagainya di luar itu.

    Kredit dan cicilan Honda PCX 160

    Bagi Anda yang mau kredit All New Honda PCX 160, setidaknya bisa menyiapkan dana dengan uang muka terendah Rp 3,9 juta. Ini berlaku untuk tipe CBS.

    Di mana skemanya adalah dengan cicilan Rp 1,385 juta per bulan untuk tenor 35 bulan. Sedangkan untuk tenor 23 bulan adalah Rp 1,779 juta, dan 11 bulan Rp 3,117 juta.

    Lain halnya dengan PCX 160 ABS, dipatok dengan DP termurah Rp 4,5 juta dan cicilan terendah 1,530 juta selama 35 bulan. Untuk tenor 23 bulan, yakni Rp 1,996 juta, dan Rp 3,447 juta untuk tenor 11 bulan.

    Sementara untuk model E HEV, DP termurahnya sebesar Rp 7 juta. Di mana cicilan terendah yang mesti disiapkan adalah Rp 1,830 juta per 35 bulan, atau Rp 2,365 juta per bulan untuk 23 bulan, dan cicilan Rp 4,166 juta untuk tenor 11 bulan.

    Harga di atas tentu saja bisa disesuaikan dengan uang muka. Semakin besar uang muka yang disetor, maka akan semakin rendah biaya kreditnya.

    desain lampu belakang Honda PCX 160
    Honda PCX 160 Foto: Doc AHM

    Penghitungan sendiri menggunakan jasa hitung kredit yang disediakan Honda melalui main dilernya, di situs yang tertera, pada 22 Februari 2021. Harga juga tak mengikat karena sewaktu-waktu bisa berubah.

    Spesifikasi Honda PCX 160

    Bagi Anda yang baru tahu apa sih perbedaan antara model lama dengan model barunya. Ya, sepintas memang tak begitu kentara perbedaannya ketimbang model sebelumnya.

    Akan tetapi, beda hal jika kalian melihat lebih dekat. Mulai dari lampu depan berbeda. Selain bentuk reflektornya mendapat revisi, pencahayannya pun sekarang dibuat memiliki efek tiga dimensi.

    Lalu, body Honda PCX terbaru juga terlihat lebih maskulin dengan tambahan beberapa lekukan di bagian samping dan shroud-nya.

    Honda PCX 160 pun berdiri di atas rangka baru yang dibuat lebih minim sambungan. Desainnya mendukung skuter matik ini untuk memiliki kapasitas tangki bensin lebih besar, yaitu 8,1 liter.

    Speedometer digital Honda PCX 160
    Honda PCX 160 Foto: Doc AHM

    Selain itu kapasitas bagasinya juga ikut melar. Untuk tipe CBS dan ABS kapasitasnya mencapai 30 liter sedangkan untuk tipe E HEV menjadi 24 liter.

    Masih soal kepraktisan, produk yang lahir di pabrik Sunter ini sudah dilengkapi slot USB untuk power socket-nya. Itu berarti pengendara enggak perlu lagi menggunakan adapter ketika hendak mengisi baterai gadget.

    Guna melengkapi penampilannya, Honda PCX 160 memiliki warna-warna yang atraktif. Untuk tipe CBS pilihannya meliputi wonderful white (putih), majestic matte red (merah), glorious matte black (hitam), marvelous matte gray (abu-abu).

    Pilihan warna tipe ABS enggak jauh berbeda. Tapi ada warna yang dikhususkan untuk tipe ini, yaitu royal matte blue (biru).

    Di antara semua perubahan yang ada, sektor mesin tentunya menjadi bagian yang mendapat sorotan lebih. Kini All New Honda PCX 160 menggendong mesin eSP+ 156,9 cc yang dilengkapi 4 katup.

    Fitur canggih

    Sudah bukan rahasia, Honda PCX generasi sebelumnya inferior untuk urusan tenaga dibanding Yamaha NMax yang mengandalkan mesin VVA.

    Nah, mesin eSP+ ini merupakan jawaban dari Honda. Sekarang output mesin yang dimiliki Honda PCX terbaru malah lebih unggul.

    Lebih detailnya, di atas kertas Honda PCX 160 memiliki tenaga tertinggi 16 Ps @8.500 rpm dan torsi puncak 14,7 Nm @6.500 rpm. Sedangkan output yang dimiliki Yamaha NMax adalah 15,3 Ps @8.000 dan torsi 13,9 Nm @6.500 rpm.

    Honda PCX 160
    Honda PCX 160 Foto: Doc AHM

    Belum lagi menyinggung hadirnya fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC). Konsep fitur ini enggak beda dengan traction control yang sudah dikenal secara luas.

    Fungsinya untuk menjaga ban belakang selalu mendapat traksi terbaik di permukaan jalan yang licin atau ketika tuas gas dibuka secara spontan. Menarik bukan?

    loading...
    Topik

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Back to top button
    Close