Entertainment

Nikah di usia senja, kisah cinta Nani Wijaya dan Ajip Rosidi tak biasa

Sastrawan sekaligus budayawan besar Ajip Rosidi meninggal dunia di usia 82 tahun, pada Rabu, 29 Juli 2020, sekitar pukul 22.30, di RSUD Tidar, Kota Magelang, Jawa Tengah, setelah mendapat perawatan intensif pascaoperasi.

Almarhum selama ini dikenal sebagai sastrawan Indonesia, penulis, budayawan, dosen, pendiri, dan redaktur beberapa penerbit, juga pendiri serta ketua Yayasan Kebudayaan Rancage. Ia juga sangat peduli terhadap kelestarian sastra dan bahasa Sunda, dan beberapa daerah lain.

Baca juga: Karya melegenda, ini 5 quotes terbaik Sapardi Djoko Damono

Nama Ajip Rosisi mungkin lekat dengan nama artis senior Nani Wijaya. Ya, sejak Pada 16 April 2017, Ajip Rosidi menikahi aktris senior Nani Wijaya di Masjid Agung Keraton Kasepuhan Cirebon.

Awal mula kisah cinta Nani dan Almarhum Ajip memang tidak biasa. Di usianya yang tak muda, Ajip menikahi Nani Wijaya.

Awalnya Ajip mengenal Nani sejak bintang film Mama Cake dan Ummi Aminah itu menikah dengan sahabatnya yang juga sesama sastrawan, Misbach Yusa Biran.

Ajip Rosidi
Ajip Rosidi Photo: Istimewa.

Namun, setelah Misbach tutup usia pada 11 April 2012. Ajip yang juga menjadi duda setelah istrinya, Fatimah Wirjadibrata, meninggal dunia pada tahun 2014 mulai dekat.

“Sebetulnya kenal dia (Nani) sudah lama, dia menikah dengan kawan saya kan, Pak Misbach yang meninggal tahun 2012. Pas 2014 istri saya meninggal, itu singkatnya saya,” ucap Ajip kala itu, dilansir Suara.com.

Saat sama-sama ditinggal pergi pasangan, mereka belum intens bertemu. Pertemuan itu tiba setelah Nani datang ke perpustakaan yang didirikan Ajip di kampung halaman mereka di Bandung.

“Saya kan baru bikin perpustakaan di Garut, pas peresmian Nani datang. Sumbangin buku-buku koleksi almarhum suaminya,” kenang dia.

Getaran rasa cinta di antara keduanya muncul pada bulan Oktober 2016 lalu. Ajip yang kini tinggal di Magelang, Jawa Tengah, ini berkunjung ke Jakarta untuk mengurus suatu hal. Tiba-tiba bertemu Nani.

“Dari percakapan-percakapan kami, kami merasa masing-masing dari kami itu butuh kawan. Ya, hidup sehari-hari di rumah gitu. Jadi akhirnya kami sepakat untuk ke pernikahan,” ujar lelaki yang ingin menggelar akad nikah di Cirebon, kota asal mereka.

Ajip kala itu mengatakan, saat dirinya mengajak Nani menikah tak ada penolakan sama sekali. “Iya langsung mengiyakan. Rasanya begitu menurut penglihatan saya ya,” ujarnya.

Mereka memutuskan menikah saat masing-masing sudah berusia kepala tujuh. Ajib berusia 79 tahun, sedangkan Nani berusia 72 tahun. Mereka juga sama-sama telah dikaruniai enam orang anak dari pernikahan dengan pasangan pertama.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close