Hobi

Nissan Juke resmi divonis mati

Hops.id – Kabar mengejutkan seakan tak henti-hentinya datang dari Nissan. Usai mengumumkan mem-PHK massal belasan ribu karyawan, disusul mencoret merek Datsun dari kancah otomotif, kini satu demi satu produk mulai dihapus dari daftar line-up mereka, Nissan Juke.

Jenama asal Jepang itu saat ini terpantau bakal mempensiunkan tiga produk ikoniknya, Cube, Juke dan Teana. Alasannya tak lain karena penjualan yang kian memprihatinkan.

Dua cewek mandi di atas motor, endingnya bikin ngakak

Untuk model Cube, Nissan Jepang sebenarnya sudah melakukan pengumuman, akan menyetop pada Desember 2019. Sedangkan dua model terakhir, Juke dan Teana, baru menggema beberapa jam terakhir.

Kabar ini diperkuat dengan laporan situs otomotif kenamaan Jepang, BestCarWeb, dikutip Minggu 15 Desember 2019, yang menyebut ketiga model akan dihapus pada saat bersamaan. Menurut Nissan, vonis mati ini baru akan berlaku di Jepang.

Nissan memang punya suksesor yaitu All New Nissan Juke yang dirilis secara global beberapa bulan lalu. Namun, kabarnya All New Juke ini tidak akan dipasarkan di Jepang, lantaran sudah ada Nisan Kicks yang akan mengisi kekosongan pasar pada 2020 mendatang.

Indonesia menyusul?

Untuk pasar Indonesia, tercatat hanya dua model di atas yang pernah melakukan karirnya di sini. Kedua model adalah Teana dan Juke.

Tapi dari kedua model, hanya Juke yang masih bertahan hingga kini. Sementara Teana, sudah lenyap.

Apabila mengacu pada data penjualan, performa Juke di Indonesia juga tak kalah memprihatinkan dengan nasib di negara asalnya Jepang. Data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebut, Juke pada 2019 ini hanya terjual 60 unit yang kontribusinya datang dari berbagai wilayah di Tanah Air.

Dengan rapor merah tersebut, bukan tidak mungkin nasib serupa akan dialami Juke di Indonesia.

Susahnya Nissan menjual Juke juga mudah ditemui diberbagai diler. Bahkan, beberapa stok unit baru Juke keluaran 2018 terpantau masih ada di beberapa diler Nisan. Mereka lalu berusaha menjualnya dengan susah payah, kendati dengan sempilan diskon besar.

Dari data yang dihimpun, Nissan Juke yang kini dijual Rp332 jutaan, saat ini bisa kena rabat alias korting sampai Rp45 jutaan. Potongan harga dikenakan bagi konsumen yang ingin memilikinya baik secara tunai maupun mengangsur.

Nissan sepertinya coba menempuh langkah baru menatap kuku bisnisnya ke depan. Mereka mencoba menyingkirkan model-model yang terlampau uzur dan sudah tidak sesuai menjawab kebutuhan zaman. Ketimbang memelihara produk yang tak hasilkan untung, maka menjadi logis bagi Nissan untuk menyetopnya.

Artinya, bisa dibilang kalau Nissan kini sedang berusaha memperbarui line up mereka dengan menyuntik mati produk lama, dan bakal menggantinya dengan produk lebih segar. (Wren Jonah)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close