Hobi

Gunakan basis Xpander, Nissan ikutan recall all new Livina

Nissan all new Livina yang menggunakan basis dari Mitsubishi Xpander sebagai produk kolaborasi, membuat produsen Nissan di Indonesia ikut melakukan langkah recall atau kampanye perbaikan akibat masalah kerusakan pada fuel pump.

Langkah perbaikan yang sama, tentunya tak seberat yang dilakukan produsen Mitsubishi yang harus melakukan perbaikan hingga ratusan ribu unit Mitsubishi Xpander yang telah dijualnya. Sedangkan Nissan yang baru saja menjual all new Livina tahun lalu hanya menanggung 9.314 unit.

Jumlah mobil yang terkena kampanye perbaikan seluruhya merupakan produksi tahun 2019.  Seluruh all new Livina yang tercatat mengaami masalah berdasarkan keterangan resmi Nissan merupakan produksi 22 Februari 2019 – 24 Agustus 2019.

Nissan Livina edisi terbatas
Nissan Edisi terbatas hanya 100 unit Foto: Nissan

Nissan akan menghubungi pemilik kendaraan yang terdampak mulai hari ini, agar pelanggan dapat segera melakukan pemeriksaan kendaraan dan penggantian pompa bensin di seluruh diler resmi Nissan tanpa dipungut biaya.

Program recall ini menunjukkan komitmen Nissan dalam memastikan keselamatan, pelayanan, dan kepuasan para pelanggan. Nissan tidak mendapatkan laporan akan terjadinya insiden fatal di Indonesia terkait dengan hal ini.

Baca juga: Suzuki Ertiga buatan Indonesia masih jadi idola di luar negeri

Mitsubishi Indonesia baru  saja menjalankan kampanye perbaikan untuk produk MPV andalannya di pasar otomotif Indonesia. Meski langkah ini terpaut dua tahun dibanding Vietnam dan Filipina yang telah lebih dulu mendeteksi adanya kerusakan pada perangkat fuel pump.

Nissan edisi terbatas
Nissan edisi terbatas hanya dijual 100 unit Foto: Nissan

Langkah kampanye tersebut, baru dilakukan Mitsubishi sebagai kepatuhan terhadap Peraturan Menteri Perhubungan Nomoer PM 53 Tahun 2018 2019 Tentang Pengujian Tipe Kendaraan BermotorTata Cara Penarikan Kembali Kendaraan Bermotor, serta bentuk tanggung jawab dan komitmen Mitsubishi dalam memastikan keamanan dan kenyamanan konsumen.

Melalui keterangan resminya, Mitsubishi akan melakukan kampanye perbaikan Xpander sebanyak 139.111 unit di seluruh Indonesia. Jumlah tersebut merupakan Xpander yang diproduksi mulai tahun 2017 hingga 2019.

Terkait perbaikan berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan, terdapat kerusakan pada fuel pump khususnya di komponen baling-baling. Kasus yang diungkap sama dengan masalah yang terjadi dan dikeluhkan Mitsubishi Vietnam dan Filipina.

Mitsubishi Xpander
Mitsubishi Xpander tahap produksi di pabrik Indonesia Foto: MMKSI

Kampanye perbaikan dilakukan untuk melakukan pemeriksaan pada label modul fuel pump Xpander dan melakukan pergantian unit fuel pump dengan yang sudah diberikan disempurnakan. Estimasi pelaksanaan pemeriksaan sekitar 1 jam per unit dan proses pemeriksaan dan perbaikan sekitar 2 jam/ unit.

Kampanye perbaikan akan dimulai pada tanggal 22 Juni 2020 di seluruh diler kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia. Konsumen tidak perlu mengeluarkan biaya.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close