Fit

Obat flu buatan Jepang diklaim bisa pulihkan pasien corona

Obat flu buatan Jepang diklaim bisa sembuhkan pasien corona. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Pejabat Kementerian Sains dan Teknologi China Zhang Xinmin.

Obat flu buatan Jepang yang diproduksi olah perusahaan obat Fujifilm Toyama Chemical itu diklaim dapat membantu pasien COVID-19 untuk pulih.

Dilansir laman pharmaceutical technology, Obat dengan merek Favipiravir atau dikenal dengan Avigan ini diketahui telah memperoleh persetujuan di Jepang sejak tahun 2014. Reuters mencatat pada 2016, Jepang memberikan Avigan sebagai bantuan darurat untuk wabah virus Ebola di Guinea.

Selain itu, Avigan juga telah mendapatkan persetujuan China untuk pembuatan oleh Zhejiang Hisun Pharmaceuticals guna mengobati pasien dewasa dengan influenza baru atau berulang.

Obat
Obat. Photo: Pixabay

Pada Februari 2020 lalu, media China melaporkan bahwa obat tersebut mendapat persetujuan sebagai terapi investigasi untuk infeksi coronavirus Covid-19.

“Di kota Shenzhen China, percobaan klinis yang melibatkan 80 peserta menunjukkan peningkatan kondisi paru-paru yang lebih baik pada mereka yang diobati dengan Favipiravir,” ujar Zhang.

Baca juga: Jahe merah diserbu orang, jangan kaget dengar harga sekilonya kini

Pasien yang diobati tersebut juga dites negatif untuk jejak genomik virus dalam waktu yang lebih rendah, dibandingkan dengan mereka yang tidak diberi obat.

Tak hanya itu, obat ini juga mampu mempersingkat waktu pemulihan dari 11 hari menjadi empat hari untuk kasus ringan dan teratur. Percobaan lain di Wuhan menunjukkan bahwa obat itu memperpendek durasi demam dari rata-rata 4,2 hari menjadi 2,5 hari.

Zhang menyebut bahwa favipiravir telah efektif, tanpa efek samping yang jelas, dalam membantu pasien COVID-19 pulih.

Baca juga: WHO larang pasien corona konsumsi obat anti-inflamasi

Meski efektif membantu pemulihan pasien COVID-19, Fujifilm tidak mengomentari pengumuman pemerintah China yang menyebut obatnya sangat berguna bagi kesembuhan pasien COPOVID-19.

Perusahaan memproduksi Avigan hanya ketika pemerintah Jepang memberikan pesanan dan tidak memiliki target penjualan, kata seorang juru bicara Fujifilm. Diketahui, setelah pengumuman tersebut, saham perusahaan meningkat 15 persen.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close