Hot

Ogah dompleng Pangeran Charles, Harry-Meghan resmi kembalikan uang rakyat

Pasca kepindahannya ke Amerika, Pangeran Harry dan Meghan Markle (Harry Meghan) berikrar bahwa keduanya akan menjalani kehidupan mandiri secara finansial.

Namun publik langsung merundung keputusan keduanya dan mengatakan bahwa Harry Meghan masih saja merasakan kemewahan dari kerajaan hingga mengungkin masalah renovasi rumah mewah keduanya di Frogmore Cottage, kediaman keduanya sewaktu tinggal di Inggris.

Baca juga: Gegara Meghan, Harry disebut pernah bikin kacau urusan pangeran Charles

Setelah hampir setengah tahun di Amerika, kini Harry Meghan mengumumkan bahwa mereka telah mengembalikan uang pajak warga Inggris yang dipakai untuk membiayai renovasi Frogmore Cottage, kediaman mereka sewaktu tinggal di Inggris.

Dilansir laman Miror, melalui juru bicaranya, Harry dan Meghan mengatakan bahwa renovasi Frogmore Cottage sudah dibayar sepenuhnya.

Pangeran Harry dan Meghan Markle
Pangeran Harry dan Meghan Markle Foto:

“Duke of Sussex sudah membayar sejumlah uang untuk Sovereign Grant. Uang yang awalnya ditawarkan oleh Pangeran Harry sudah sepenuhnya membayar biaya renovasi Frogmore Cottage, properti dari Yang Mulia Ratu, dan akan tetap jadi kediaman Duke dan keluarganya,” ujar perwakilan Pangeran Harry dan Meghan Markle pada ABC News.

Pangeran Harry dan Meghan Markle pindah ke rumah yang berlokasi di tanah Windsor Castle itu pada 2019 jelang kelahiran putra pertama mereka Archie Harrison Mountbatten-Windsor.

Frogmore Cottage adalah sebuah rumah yang dibangun sejak abad ke-18, kado dari nenek Pangeran Harry, Ratu Elizabeth II, untuk kedua pasangan.

Awalnya itu terdiri dari lima rumah terpisah yang ditempati oleh staf kerajaan namun kemudian tak lagi ditempati selama beberapa tahun.

Biaya renovasi untuk Frogmore Cottage sekira 2,4 juta pound atau sekira 3 juta dolar AS, didanai oleh uang pajak rakyat Inggris, menurut Royal Household.

Juli lalu, Harry dan Meghan bersama Archie akhirnya pindah ke rumah baru di Santa Barbara, California, AS.

Baru-baru ini, keduanya menandatangani kesepakatan dengan Netflix untuk mengerjakan film dokumenter, film panjang, acara televisi dan serial anak-anak. Kini bisa dibilang, mereka tak lagi mendompleng secara finansial kepada uang ayahnya, Pangeran Charles.

Sebelum mandiri finansial, Harry sering hubungi Pangeran Charles untuk dapatkan dukungan

Selama Harry dan Meghan hengkang dari kerajaan (Megxit), Pangeran Charles disebut-sebut menjadi sosok yang membackup kondisi keuangan anak bungsu dan menantunya itu.

Dilansir laman The Sun, sumber yang dekat dengan keluarga kerajaan mengatakan hal tersebut. Hal serupa juga disebutkan dalam buku “Finding Freedom” yang berisi mengenai hubungan Pangeran Harry-Meghan Markle dengan Kerajaan Inggris.

Sementara Pangeran William dan istrinya Kate, tetap bersikap tenang dan tampak santai terhadap pasangan itu, seperti dilaporkan Pagesix pada Minggu.

Baca juga: Putri Diana pernah menolak cerai dari Pangeran Charles, meski diselingkuhi

Charles dikatakan telah berbicara dengan Harry yang sekarang tinggal di California dan menawarkan dukungannya, baik secara emosional maupun finansial.

Pangeran Charles
Pangeran Charles. Photo: Instagram

“Mereka memiliki hubungan ayah dan anak yang sangat kuat dan dekat. Banyak orang berspekulasi bahwa buku itu adalah akhir dari Harry dan Meghan di Inggris. Terlalu banyak orang yang dikritik dan terlalu banyak orang diserang, termasuk William dan Kate,” kata salah satu orang dalam kerajaan.

Namun jangan berpikir bahwa itu berarti pasangan tersebut dilarang kembali ke Istana, tambah sumber tersebut.

“Tapi Pangeran Wales (Charles) telah menjelaskan bahwa pintu (istana) selalu terbuka,” kata sumber itu.

“Sejak (Harry) pindah ke Los Angeles, mereka tetap rutin menjalin komunikasi. Charles memang tidak banyak menggunakan pesan singkat, tetapi mereka selalu melakukan panggilan video dan telepon.”

Mengenai buku itu, sumber itu berkata, “Charles bertekad bahwa itu bukan halangan. Dia telah memberikan dukungan keuangan, seperti yang akan dilakukan ayah mana pun ketika putra mereka pindah bersama keluarga muda ke sisi lain dunia.

Hubungan mereka kokoh dan mereka tetap dekat. Mereka berbicara setidaknya sekali seminggu dan Charles masih menjadi kekuatan pendorong besar dalam kehidupan Harry.”

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close